Lima Tahun Lumpuh, Pria Ini Mengaku Kembali Berjalan Setelah Divaksin Covid-19

Dularchand Munda kini sudah bisa berjalan meski dengan bantuan tongkat (foto: ANI)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Seorang pria India yang mengalami kelumpuhan dan tidak dapat berbicara karena kecelakaan mobil tragis 5 tahun yang lalu, dilaporkan mulai kembali berjalan dan berbicara setelah divaksin Covid-19.

Dularchand Munda, pria berusia 55 tahun dari negara bagian Jharkhand, India, sebelumnya hanya bisa terbaring di tempat tidur dan tidak dapat berbicara sejak kecelakaan mobil serius 5 tahun lalu, namun, setelah divaksin pada tanggal 4 Januari, dia mulai bisa berbicara dan berjalan meski hanya dengan bantuan tongkat.

“Senang telah divaksin. Saya bisa merasakan kaki saya sejak divaksin pada 4 Januari. Suara saya kembali dan kaki saya juga bergerak, ”kata Dularchand dikutip dari kantor berita India ANI, Selasa (18/1/2022).

Kisah Dularchand Munda menjadi viral di India minggu lalu, tetapi para profesional medis skeptis tentang pemulihan ajaibnya.

Bisa sembuh setelah lima tahun lumpuh bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja, jadi, tim medis telah dibentuk untuk menganalisis riwayat medis kasus tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih objektif.

“Terkejut melihat ini, tetapi perlu dipastikan oleh para ilmuwan. Seandainya dia pulih dari kondisi medis yang tidak lebih dari beberapa hari itu bisa dipahami, tetapi pulih secara tiba-tiba dari kondisi medis yang sudah berlangsung empat tahun setelah divaksin? Sulit dipercaya,” kata Dr Jitendra Kumar dikutip dari NDTV.(*/ryan)