Ahli Gizi Ungkap 3 Makanan Penting untuk Kesehatan Tulang Anda

Ahli Gizi Ungkap 3 Makanan Penting untuk Kesehatan Tulang Anda (foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Anda pernah tiba-tiba merasakan sakit pada tulang, punggung bawah, atau bahkan perubahan postur tubuh? Jika iya, ada kemungkinan anda memiliki tulang lemah.

Karena berbagai alasan, banyak orang, terutama orang tua, mengalami nyeri yang terus-menerus pada tulang dan persendian. Dan ini adalah salah satu alasan terpenting mengapa anda harus lebih perhatian dengan kesehatan tulang anda.

Nmami Agarwal seorang ahli gizi dari India membagikan informasi tentang tiga makanan yang mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan tulang.

Pertama, dia menyebutkan biji wijen. Menurut Nmami, biji wijen kaya akan fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Kedua yang disebutkan Nmami adalah kacang-kacangan. Kacang adalah makanan yang luar biasa dan sumber nutrisi ramah tulang. Kacang-kacangan mengandung magnesium, kalsium, dan fosfor, yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Terakhir, dia berbicara tentang ragi yang juga kaya akan kalsium, sangat bagus untuk tulang anda.

Selain ketiga makanan di atas, terdapat juga lima buah-buahan dan sayuran yang juga bisa membuat tulang anda lebih sehat. Berikut daftarnya:

1. Nanas

Nanas adalah sumber potasium, yang membantu menyeimbangkan beban asam tubuh dan mencegah hilangnya kalsium. Nanas juga banyak mengandung banyak vitamin A.

2. Bayam

Sayuran berdaun hijau yang kaya kalsium ini dapat membantu dalam pembentukan tulang dan gigi. Tubuh bisa mendapatkan sekira 25 persen dari kebutuhan kalsium hariannya dari satu cangkir bayam yang dimasak. Zat besi dan Vitamin A juga berlimpah dalam sayur yang kaya serat ini.

3. Kacang-kacangan sepeti chestnut, hazelnut dan almond

Selain mengandung kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang, kacang-kacangan seperti chestnut, hazelnut dan almond juga mengandung magnesium dan fosfor. Magnesium membantu tubuh menyerap kalsium dan menyimpannya di tulang.

4. Pisang

Selain membantu pencernaan, pisang adalah sumber magnesium yang fantastis. Ini sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Makan pisang setiap hari dapat mencegah tulang lemah.

5. Pepaya

Satu porsi 100 gram pepaya diyakini mengandung 20 mg kalsium, jumlah yang signifikan untuk buah tropis.

Perlu diketahui, sebelum menambahkan buah dan sayuran ini dalam daftar makanan anda, selalu ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang, jangan berlebihan. Selain itu, selalu konsultasi dengan spesialis atau dokter anda untuk informasi lebih lanjut.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.