Bisa Mengapung, Pengembang Ini Buat Rumah Tahan Banjir

Bisa Mengapung, Pengembang Ini Buat Rumah Tahan Banjir (foto: TBS TV)

MANADOTODAY.CO.ID – Pengembang perumahan di Jepang bernama Ichijo Komuten baru-baru ini meluncurkan “rumah anti banjir”. Rumah ini tidak hanya tahan air selama banjir, tetapi juga bisa mengapung.

Stasiun TV TBS Jepang baru-baru ini mengunjungi salah satu lokasi uji coba di mana rumah tahan banjir itu sedang menjalani simulasi banjir. Meskipun tampak seperti rumah biasa ketika pengujian dimulai, namun saat air mulai naik di sekitarnya, bangunan tersebut mulai mengapung.

Meski mengapung, rumah tersebut tidak akan tersapu banjir karena terhubung ke sejumlah batang besi tebal yang mencuat dari tanah dengan kabel tebal yang memastikannya tetap saat terjadi banjir. Saat air surut, rumah terapung itu kembali turun ke posisi semula.

“Rumah tahan banjir ini juga dilengkapi ventilasi khusus yang menutup jika terjadi banjir. Pipa ledeng juga memiliki katup khusus yang mencegah air masuk ke dalam rumah. Peralatan listrik seperti AC ditempatkan di bagian atas bangunan.

Menurut para insinyur di Ichijo Komuten, rumah tahan banjir mereka dapat mengapung hingga lima meter di atas tanah, air tidak mungkin mencapai jendela dan segala sesuatu lainnya tertutup rapat.

Media Jepang melaporkan bahwa klien yang ingin memiliki rumah buatan Ichijo Komuten dapat memilih untuk memiliki sistem tahan banjir ini dengan biaya tambahan hanya 770.000 yen atau sekira Rp84 juta (kurs Rp109).(ryan)