Rutin Membaca Buku Bisa Buat Anda Panjang Umur

Reporter : | 10 Agu, 2016 - 12:14 am WITA

Membaca Buku , manfaat Membaca Buku , Panjang Umur

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Membaca buku tidak hanya bisa menangkal demensia, tapi juga membuat Anda umur panjang, menurut para peneliti dariĀ Universitas Yale.

Bahkan, semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang untuk membaca, semakin kecil kemungkinan mereka untuk mati.

Peneliti menanyakan kebiasaan membaca dari lebih dari 3,635 orang berusia lebih dari 50 tahun, kemudian mereka diperiksa kembali setelah 12 tahun.

Peneliti menemukan membaca buku hingga 3,5 jam per minggu atau rata-rata 30 menit per hari, menurunkan risiko kematian sebesar 17%, demikian dilaporkan oleh New York Times.

Para peneliti mengatakan buku mendorong “keterlibatan kognitif” dan “mendorong empati, persepsi sosial, dan kecerdasan emosional, proses kognitif membuat umur lebih panjang,” dikutip dari The Guardian.

Orang yang membaca koran dan majalah, juga menerima efek yang sama jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak membaca sama sekali, tapi efeknya secara signifikan kurang dari mereka yang membaca buku, yang kebanyakan merupakan perempuan, berpendidikan tinggi, dan berpenghasilan tinggi.

Secara keseluruhan, 33% dari non-pembaca meninggal setelah 12 tahun, dibandingkan dengan 27% dari pembaca buku. Pembaca buku, rata-rata hidup dua tahun lebih lama daripada non-pembaca.

“Temuan ini menunjukkan manfaat dari membaca buku termasuk membuat pembacanya panjang umur,” ungkapĀ peneliti.

Baca Juga :

Leave a comment