Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Jam 9 Pagi dan Anda Akan Lebih Sehat

Reporter : | 31 Mei, 2016 - 9:58 pm WITA

Sehat, tips Sehat, pagi Sehat

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Penelitian telah menunjukkan bahwa bangun pagi dapat membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Apalagi jika Anda memasukan lima kebiasaan sederhana ini dalam rutinitas pagi Anda.

1. Bergerak

Studi telah membuktikan bahwa seseorang yang secara konsisten berolahraga di pagi hari, lebih mungkin untuk membuatnya menjadi kebiasaan. Dan tentu pasti Anda sudah tau manfaat dari berolahrga.

2. Makan sarapan sehat

Menurut peneliti dari Harvard, sarapan yang sehat dapat menjaga kolesterol tetap normal, membuat tubuh lebih responsif terhadap insulin (dan membantu melindungi Anda dari diabetes tipe 2), meningkatkan kinerja pada tugas-tugas yang berhubungan dengan memori, meminimalkan keinginan untuk ngemil dan makan berlebihan.

BACA JUGA:

Wow, Sambut Asus Zenfone 3 Deluxe Dengan Kamera 23 MP dan RAM 6 GB!!!

Terungkap: Ini Arti Huruf ‘i’ Pada Setiap Produk Apple Seperti iPhone dan iMac

Cara Lihat Foto dan Status Lama Facebook, Termasuk yang Sudah Dihapus

Ada Penyakit Langka yang Buat Pengidapnya Merasa Menjadi ‘Mayat Hidup’

Legenda ‘Kitab Setan’ yang Ditulis Oleh ‘Manusia Iblis’ Hanya Dalam Waktu Semalam

Asus Zenfone 3 Deluxe Dengan Layar 6,8 Inci dan Baterai Raksasa 4,600mAh

3. Tarik napas dalam-dalam

Rata-rata, seseorang bernapas 23.040 dalam sehari. Tapi berapa banyak dari itu yang membuat Anda relax? Berkomitmen untuk hanya dua menit bernapas santai dan meditasi setiap hari, bisa memerikan manfaat yang besar bagi tubuh Anda (baik secara fisik dan mental). Ini mengaktifkan sistem parasimpatis saraf (lebih dikenal sebagai sistem ‘istirahat dan pencernaan’), yang membantu menurunkan tekanan darah, denyut jantung dan mengurangi stres.

Tutup mata Anda dan fokus dengan lambat, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan. Anda dapat melakukan teknik ini di bus, kereta atau saat Anda bangun pada pagi hari.

4. Konsisten

Bangun pada waktu yang sama setiap hari akan menstabilkan ritme sirkadian Anda (jam biologis tubuh), yang membantu mengatur hormon yang mengontrol tingkat nafsu makan, stres dan gula darah.

Bangun kesiangan atau tidur terlalu larut akan mempengaruhi tingkat energi Anda, dan juga dapat menyebabkan makan berlebihan serta meningkatkan risiko penyakit kronis.

5. Rehidrasi

Ketika Anda tidur untuk jangka waktu yang panjang, normal bagi tubuh Anda kehilangan kelembaban, yang bearti Anda harus meminum air saat baru bangun tidur. Hindari meminum air lemon atau minuman lain selain air putih.

Hidrasi yang baik juga meningkatkan kesehatan kulit. Jadi, lupakan kopi dan beralih pada air putih.

Baca Juga :

Leave a comment