5 Alasan Kenapa Kopi Dapat Membantu Anda Turunkan Berat Badan

5 Alasan Kenapa Kopi Dapat Membantu Anda Turunkan Berat Badan (foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Jika anda masuk dalam kategori orang yang bekerja hingga larut malam atau mungkin terjaga hingga subuh, maka bisa jadi kopi adalah penyelamat utama anda.

Tapi, terlepas dari kemampuannya membuat kita merasa terjaga dan aktif, tahukah anda bahwa kopi juga dapat membantu menurunkan berat badan?! Kedengarannya mengejutkan, bukan? Saat anda minum kopi tanpa gula, dampaknya berlipat ganda. Kopi hitam juga menyediakan lebih dari sekadar kafein dan perasaan yang menenangkan. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, minum empat cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh sekira 4 persen.

Jadi, mari kita cari tahu bagaimana tepatnya kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan dikutip dari Food NDTV, Jumat (10/22/2021).

1. Kalori Dalam Kopi Hitam

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir kopi hitam biasa yang diseduh bahan alami mengandung dua kalori. Satu ons espresso hitam di sisi lain hanya mengandung satu kalori. Jumlah kalori dalam kopi dikurangi menjadi nol jika menggunakan bijian kopi yang kafeinnya dihilangkan.

2. Kopi Hitam Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam juga mengandung zat yang disebut asam klorogenat, yang telah terbukti membantu penurunan berat badan. Kehadiran asam klorogenat dalam kopi hitam menunda pembentukan glukosa dalam tubuh setelah makan malam. Selain itu, pembentukan sel-sel lemak baru berkurang, sehingga kalori dalam tubuh lebih sedikit.
Menurut Dr. Simran Saini dari Rumah Sakit Fortis, “Asam klorogenat dalam kopi bertindak sebagai antioksidan. Ini membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, membantu penurunan berat badan, dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.”

3. Kopi Hitam Dapat Membantu Mengontrol Rasa Lapar Mendadak

Kafein, komponen dalam kopi, diketahui memiliki berbagai dampak pada tubuh manusia. Kafein adalah stimulan alami yang membantu otak dan sistem saraf pusat tetap aktif dan fokus. Ini juga membantu meningkatkan energi.

4. Kemampuan Membakar Lemak

Biji kopi hijau membantu meningkatkan kapasitas pembakaran lemak tubuh. Ini menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak enzim pembakar lemak. Itu juga bekerja sebagai pembersih alami untuk liver. Membersihkan liver dan menghilangkan kolesterol jahat dan lipid yang berlebihan, memungkinkan metabolisme berfungsi lebih efisien.

5. Menghilangkan Air Berlebihan Dalam Tubuh

Kopi hitam juga dikatakan sebagai penyembuh alami. Banyak orang merasa badan jadi lebih berat karena tingginya tingkat air dalam tubuh. Menurut para ahli kesehatan, kopi hitam membantu menghilangkan kelebihan air dari tubuh. Pendekatan ini membantu dalam penurunan berat badan tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Penurunan berat badan ini, bagaimanapun, mungkin bersifat sementara.

Meski dengan manfaatnya cukup menarik, namun perlu dicatat bahwa informasi ini bersifat umum dan bisa tidak cocok pada orang-orang tertentu. Tetap konsultasikan dahulu dengan ahli atau dokter sebelum menggunakan metode penurunan berat badan di atas.(ryan)

1 Comment
  1. Imam says

    Artikel yang sangat menarik

Leave A Reply

Your email address will not be published.