Tips Makanan Sehat Bagi Kaum Lansia di Tengah Pandemi Covid-19

Makan Sehat Bagi Kaum Lansia di Tengah Pandemi Covid-19
Makan Sehat Bagi Kaum Lansia di Tengah Pandemi Covid-19

MANADO, (manadotoday.co.id) – Lansia menjadi kaum yang paling rentan diserang virus corona atau covid-19. Bahkan, angka kematian disebabkan covid-19 didominasi oleh kaum lansia jika dibandingkan kelompok umur lain.

Lantas, apa yang harus dikonsumsi oleh kaum lansia untuk menjaga kesehatan dan imum tubuh agar bisa bertahan di tengah pandemi covid-19 seperti ini ?. Ahli Gizi dr Raisa Juanda punya jawabannya.

Menurut dr Raisa, nutrisi yang baik sangat penting bagi kesehatan dan sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

“Nah, nutrisi yang baik itu mengacu pada prinsip gizi seimbang. Gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitami dan mineral. Selain itu juga perlu keanekaragaman pangan setiap harinya,”ujar dr Raisa dalam video yang diungguh di situs covid19.go.id.

Baca Juga:
1 of 1.035

Lanjutnya menjelaskan, setiap kali makan harus dipastikan bahwa setengah piring berisi sayur dan buah-buahan serta sisanya karbohidrat atau lauk pauk, dan jangan lupa minum air putih minimal delapan gelas setiap hari.

“Penting bagi lansia untuk memenuhi kebutuhan protein harian dikarenakan masa otot dan tulang pada lansia biasanya sudah menurun. Untuk memenuhi protein bisa makan ikan, daging ayam, tahu, tempe, telur dan susu sebanyak dua sampai empat porsi setiap hari, setiap porsi ukuran setengah piring makan,”kata dia.

Selain itu, ia menegaskan bahwa kaum lansia harus hati-hati dalam mengkonsumsi suplemen, kalau perlu harus atas petunjuk dokter karena lansia biasanya sudah mengalami penurunan fungsi organ baik itu liver dan ginjal.

“Perlu jadi perhatian, zat gizi yang diperlukan untuk mencegah terinfeksi virus ini adalah vitamin A, D, B, C, zat besi, zinc, zelenium dan omega tiga. Vitamin-vitamin ini bisa diperoleh di makanan-makan seperti ikan, telur, susu, kacang-kacangan, jambu, wortel, brokoli, bayam, minyak zaitun dan lain-lain. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D secara gratis dengan berjemur di matahari diantara jam 9 sampai 10 pagi, dan jangan lupa olahraga ringan seperti jalan santai,”saran dr Raisa.

Dan terakhir ia menyarankan agar para kaum lansia tetap menerapkan pola hidup sehat dengan rajin cuci tangan pakai sabun dan pakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

“Tetap jaga selalu kesehatan, semoga tips ini bermanfaat,”imbuh dr Raisa.(ryan)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.