Jangan Anggap Sepele, Ini Cara yang Benar Pakai Masker di Tengah Pandemi Covid-19

cara pakai masker
Jangan Anggap Sepele, Ini Cara yang Benar Pakai Masker di Tengah Pandemi Covid-19

MANADO, (manadotoday.co.id) – Masker akhir-akhir ini menjadi menjadi sangat populer di seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri sempat jadi barang langka dengan harga setinggi langit. Betapa tidak, alat yang dulu banyak disepelekan orang itu kini berubah menjadi pelindung dari virus corona atau covid-19.

Sekarang, apakah cara memakai masker anda sudah benar? jika ragu, berikut cara memakai masker yang baik menurut situs covid19.go.id.

Baca Juga:
1 of 1.023
  • Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).
  • Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali.
  • Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen. Untuk memasang masker baru, ikuti poin pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Ivan Marthen menambahkan, ada cara sederhana untuk memastikan bahwa masker yang dipakai cukup untuk melindungi dari covid-19.

“Ada cara mudah, pakai masker dan cari korek api atau lilin, setelah dipasang korek api atau lilin, coba tiup, jika apinya padam dengan mudah bearti masker yang anda pakai kurang bagus,”kata dr Ivan, Selasa (9/6/2020).

“Untuk mengakali itu, coba tambahkan bagian dalam masker dengan kain atau tisu, atur sedemikian rupa agar kita bisa bernapas dengan leluasa,”sambung dr Ivan.(ryan)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.