9 Alasan Jauhkan Teknologi Dari Anak Dibawah Usia 12 Tahun

Reporter : | 14 Okt, 2015 - 9:02 pm WITA

ManadoToday – Perangkat elektronik terbukti berbahaya bagi kesehatan manusia dan sangat berbahaya bagi anak-anak. Canadian Society of Pediatrics dan American Academy of Pediatrics melakukan sebuah studi dimana mereka meneliti kerusakan yang mungkin disebabkan oleh alat elektronik pada anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Berikut adalah daftar konsekuensi paling umum dari penyalahgunaan teknologi pada anak-anak.

1. Perkembangan otak

Otak anak di bawah usia 12 ada dalam pengembangan yang konstan. Inilah sebabnya mengapa mereka penasaran dan selalu bertanya. Jika Anda tidak memberikan mereka perhatian lebih, Anda akan membuat mereka berakhir di iPads, TV dan internet. Dan jika sudah seperti itu, anak-anak beresiko mengembangkan kerusakan otak tertentu dan memiliki masalah perhatian, belajar terganggu, keterlambatan kognitif dan pengendalian diri.

2. Masalah perkembangan

Elektronik dan teknologi membuat anak-anak malas dan berdampak pada perkembangan mereka. Karena itu, banyak dari mereka ketika dewasa memiliki masalah dengan keaksaraan dan prestasi akademik.

3. Obesitas

Teknologi adalah alasan nomor satu untuk obesitas. Hal ini terjadi karena duduk terlalu lama di depan komputer atau TV tanpa melakukan aktivitas fisik. Menurut data dari Institut Kanada dan Amerika, sekitar 30% dari anak-anak di bawah usia 12 tahun mengalami obesitas.

4. Gangguan tidur

Kurang tidur dapat mempengaruhi seluruh organisme dan kesehatan tubuh. Hal ini terjadi akibat penggunaan ponsel atau komputer di kamar tidur.

5. Gangguan mental

Teknologi adalah alasan dibalik perilaku bermasalah, psikosis, gangguan bipolar, defisit perhatian, kecemasan dan depresi pada anak.

6. Agresivitas

Konten kekerasan dan seksual dari permainan anak-anak atau video yang mereka tonton adalah alasan utama agresivitas. Anak-anak sering meniru apa yang mereka lihat dan berpikir itu adalah hal yang benar.

7. Dementia

Teknologi dapat menyerang otak anak dan kemudian menyebabkan masalah konsentrasi dan memori. Semua ini pada akhirnya akan menyebabkan penyakit mental yang serius atau kemampuan belajar terganggu.

8. Kecanduan teknologi

Kecanduan teknologi dapat menyebabkan anak melepaskan diri dari kehidupan nyata dan keluarga mereka.

9. Radiasi

Semua perangkat elektronik memancarkan radiasi dan diklasifikasikan sebagai alasan untuk kanker. Dr Anthony Miller dari UniversitasToronto bahkan merekomendasikan bahwa itu harus direklasifikasi sebagai 2A (kemungkinan karsinogen).

Baca Juga :

Leave a comment