Ibu 37 Tahun Pecahkan Rekor Setelah Lahirkan 10 Bayi Kembar

Gosiame saat sebelum melahirkan 10 bayinya (foto: Thobile Mathonsi/African News Agency)

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang ibu berusia 37 tahun berhasil memecahkan rekor dunia setelah berhasil melahirkan 10 bayi.

Gosiame Sithole mengaku terkejut dia melahirkan ‘octuplets‘ di sebuah rumah sakit di Pretoria, Afrika Selatan pada Senin (7/6/2021) kemarin.

Suaminya Teboho Tsoetsi mengungkapkan, istrinya melahirkan tujuh anak laki-laki dan tiga perempuan melalui operasi caesar.

“Tujuh laki-laki dan tiga perempuan. Dia hamil tujuh bulan tujuh hari. Saya senang. Saya emosional. Saya tidak bisa berkata-kata,”kata Teboho dikutip dari Pretoria News, Selasa (8/6/2021).

Gosiame yang juga memiliki anak kembar berusia enam tahun mengatakan, dia awalnya khawatir tentang kondisi bayinya.

“Bagaimana mereka bisa muat di dalam rahim? Akankah mereka bertahan? Bagaimana jika mereka keluar siam di kepala, di perut atau tangan? Seperti apa yang akan terjadi?. Saya tanyakan pada diri sendiri semua pertanyaan ini sampai dokter meyakinkan saya bahwa rahim saya mulai membesar di dalam. Tuhan membuat keajaiban dan anak-anak saya tinggal di dalam rahim tanpa komplikasi,”tuturnya.

Suaminya menambahkan, dirinya pun awalnya terkejut, namun di lain pihak sangat senang dan tidak sabar untuk melihat anak-anaknya.

“Saya tidak percaya. Saya merasa seperti salah satu anak pilihan Tuhan. Saya merasa diberkati untuk diberikan berkat seperti ini ketika banyak orang di luar sana membutuhkan anak,”kata dia.

Sementara Profesor Dini Mawela dari Universitas Ilmu Kesehatan Sefako Makgatho mengatakan, kasus yang dialami Gosiame jarang terjadi, dan biasanya disebabkan oleh perawatan kesuburan.

“Ini situasi yang cukup unik. Saya tidak tahu seberapa sering itu terjadi. Ini sangat berisiko tinggi (kehamilan). Ini situasi yang sangat kompleks dan berisiko tinggi. Bahayanya, karena tidak ada cukup ruang di dalam rahim untuk anak-anak, kecenderungannya adalah mereka akan berukuran kecil,”jelas Profesor Dini.(*/ryan)