Tak Kenal Ampun, 5 Rumah Mewah Seharga Rp90 M Dihancurkan Gegara Dibangun Tak Sesuai Izin

Penampakan lima rumah mewah sebelum dihancurkan (foto: SWNS)

MANADOTODAY.CO.ID – Lima rumah mewah mewah yang masing-masing bernilai £1 juta atau sekira Rp18,8 miliar telah dihancurkan menjadi puing-puing karena dibangun tidak sesuai izin pembangunan.

Dibangun di dataran West Pennine yang indah di Lancashire, Inggris, empat dari properti enam kamar tidur kini telah rata tanah, dengan properti terakhir segera menjadi kenangan.

Pada tahun 2016, pengawas bangunan dari pemerintah setempat menemukan rumah mewah tersebut berukuran sepertiga lebih besar dari yang seharusnya, dan berada di lokasi yang berbeda dari yang tertera di izin.

Dewan Bolton awalnya memerintahkan pembongkaran pada tahun 2018, tetapi perselisihan hukum dan permohonan dari pemilik rumah membuat eksekusi tertunda.

Namun kini rumah-rumah megah tersebut tinggal tumpukan puing-puing, dengan hanya satu yang tersisa.

“Empat dari lima rumah sekarang akan diruntuhkan. Ini adalah hal yang benar untuk dilakukan. Ada dua aplikasi untuk petak individu yang akan dibangun dengan sedikit perubahan. Tujuannya adalah untuk membangun kembali rumah dan menghemat banyak bahan, bata demi bata,”ungkap Anggota Dewan Andy Morgan dikutip dari Ladbible, Senin (21/3/2022).

Pekerjaan pembangunan rumah dimulai pada tahun 2014, ketika izin pembangunan diberikan untuk konversi rumah bekas pertanian dan empat rumah baru di sekitar halaman tengah.

Rumah-rumah eksklusif tersebut dengan cepat dibangun di atas sebidang tanah yang luas di dekat Bolton.

Namun, masalah muncul setelah ada pengaduan pada Oktober 2016, yang menyatakan bahwa rumah-rumah tersebut dibangun tidak sesuai dengan izin pembangunan.

Penyelidikan menemukan bagaimana petak pertama di lahan 31 persen lebih besar dari izin, petak kedua 19 persen lebih besar, petak ketiga 32 persen lebih besar dan petak keempat 33 persen lebih besar dari izin yang dikeluarkan.

Meskipun demikian, dewan memutuskan tenggat waktu sampai 18 Mei 2022, untuk semua rumah mewah tersebut dihancurkan.(*/ryan)