Pria Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Ini Resep Panjang Umurnya

Pria Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Ini Resep Panjang Umurnya (foto: Guinness World Records)

MANADOTODAY.CO.ID – Pria yang belum lama ini diakui sebagai manusia tertua di dunia telah merayakan ulang tahunnya hari ini.

Juan Vicente Pérez dari Venezuela, resmi dinobatkan sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records awal bulan ini.

Ia menjadi pria tertua yang masih hidup setelah pemegang rekor sebelumnya meninggal pada Januari di usia 112 tahun.

Juan lahir pada 27 Mei 1909, yang sekarang membuatnya berusia 113 tahun. Dia menghabiskan 60 tahun dalam pernikahan yang bahagia bersama isterinya Ediofina del Rosario García, yang meninggal pada tahun 1997.

Pasangan itu memiliki 11 anak dan Juan sekarang memiliki 41 cucu, 18 cicit, dan 12 piut. Dia akan merayakan ulang tahunnya bersama keluarga dan teman-temannya.

“Ayah saya dalam kesehatan yang sangat baik. Dia tidak menderita penyakit apa pun yang memerlukan perawatan medis,” kata putrinya Nelyda Perez kepada Guinness World Records awal bulan ini.

Ketika dia baru berusia lima tahun, keluarga Juan pindah ke Los Pajuiles, sebuah desa di San José de Bolivar, dan dia mulai bekerja bersama saudara laki-laki dan ayahnya memanen kopi dan tebu.

Ketika dia berusia 10 tahun, Juan mulai bersekolah, tetapi keluar setelah hanya lima bulan ketika gurunya jatuh sakit.

Pada tahun 1948, Juan, di samping pekerjaannya di bidang pertanian, menjadi polisi di Caricuena di mana Ia membantu menyelesaikan sengketa tanah dan permasalahan keluarga.

Saat tidak bekerja, Juan akan menghabiskan waktu bersama keluarga mudanya.

“Bekerja keras, istirahat di hari libur, tidur lebih awal, minum segelas aguardiente (minuman keras khas Spanyol-Portugis) setiap hari, cinta Tuhan, dan selalu bawa dia di hatimu,”ungkap Juan saat berbicara tentang rahasia umur panjangnya.

Keluarganya mengatakan Juan ingin dikenang sebagai seorang pekerja yang setia pada istri dan agamanya.

“Paman saya Vicente mengirimkan banyak kedamaian, ketenangan dan selalu gembira. Dia adalah orang yang memiliki banyak hal untuk diberikan. Dia menikmati dasar-dasar kehidupan dan sangat bersyukur kepada Tuhan. Keluarganya adalah dukungannya.”pungkas keponakannya Fredy Abreu.(*/ryan)