Cina Perkenalkan Pesawat Hipersonik, Indonesia ke Dubai Hanya 1 Jam!

Cina Perkenalkan Pesawat Hipersonik, Indonesia ke Dubai Hanya 1 Jam! (foto: Space Transportation)

MANADOTODAY.CO.ID – Perusahaan China Space Transportation mengungkapkan rencana pembuatan pesawat hipersonik yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan 7.000 km/jam!.

Perusahaan tersebut berharap dapat menghubungkan beberapa kota besar dunia hanya dengan satu jam perjalanan.

China Space Transportation telah mengembangkan pesawat tersebut selama beberapa tahun, dan diharapkan dapat membawa penumpang pada tahun 2025.

Dalam video animasi yang dibagikan di situsnya, terlihat perjalanan sejauh 7.000 km dilakukan hanya dalam satu jam. Ini sama seperti jarak dari Indonesia ke Dubai ditempuh dalam waktu hanya satu jam. Jika menggunakan pesawat biasa rata-rata memakan waktu 8 jam untuk penerbangan non-stop.

“Kami sedang mengembangkan roket bersayap untuk transportasi berkecepatan tinggi dari titik ke titik, yang biayanya lebih rendah daripada roket yang membawa satelit dan lebih cepat daripada pesawat biasa,”ungkap Space Transportation dalam pernyataannya terkait roket Tianxing I.

Menurut laporan, penerbangan uji coba akan dilakukan tahun depan, dengan penerbangan tanpa awak pada tahun 2024 dan penerbangan berawak pertama pada tahun 2025.

Perusahaan juga sedang mengerjakan versi perjalanan orbital pada tahun 2030, yang akan membawa penumpang ke luar angkasa sebelum mengorbit planet dan kembali ke titik mana pun di Bumi. Menurut situs webnya, pesawat ruang angkasa ini akan jauh lebih cepat, dapat melaju dengan kecepatan 10.000 km/jam (6.200mph).(*/ryan)