Tidak Selalu Kurang Tidur, Ini Penyebab Lain Lingkaran Hitam di Mata

Reporter : | 04 Okt, 2016 - 8:02 pm WITA

Lingkaran Hitam Mata , kantung mata,

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Lingkaran hitam di mata sering muncul pada orang-orang yang kekurangan tidur, dan mereka yang mengalami kelelahan.

Namun, jika Anda telah berusaha tidur cukup dan teratur, atau bahkan menggunakan lotion, tapi tampaknya lingkaran hitam di mata tidak juga hilang, nah, jika sudah seperti ini, mungkin penyebabnya seperti di bawah ini.

1. Lingkaran hitam bisa bearti alergi

Menurut spesialis di The Mayo Clinic, alergi juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di mata.

Hal ini karena sifat dari kulit di bawah mata kita. Ini jauh lebih tipis, jadi hanya sedikit lemak yang menyamarkan pembuluh darah yang melebar karena alergi.

“Reaksi alergi dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan senyawa yang disebut antihistamin, yang menyebabkan pembuluh darah membesar,” menurut channel YouTube SciShow

“Ditambah, gatal dan menggosok mata dapat membuat bengkak lebih buruk. Jadi selain lingkaran hitam dari penumpukan darah dan peradangan, juga ada kantong mata yang bengkak.”

2. Lingkaran hitam juga bisa berarti hidung tersumbat

The Mayo Clinic menjelaskan, “Tidur ekstra mungkin tidak menyembuhkan lingkaran hitam di bawah mata Anda.”

“Salah satu penyebab umum adalah hidung tersumbat. Ketika hidung Anda sesak, pembulu vena yang biasanya mengalir dari mata Anda ke dalam hidung melebar dan lebih gelap.”

Mereka menyarankan, “membilas sinus Anda dengan air asin (campuran garam laut 1/4 sendok teh dengan 2 gelas air hangat) atau garam semprot dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan lingkaran hitam Anda.”

Baca Juga :

Leave a comment