Diserang Kutu Busuk? Mungkin Mengganti Warna Sprei Bisa Membantu

Reporter : | 26 Apr, 2016 - 11:34 pm WITA

Kutu Busuk, basmi Kutu Busuk, cegah Kutu Busuk

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Kutu busuk mungkin menjadi salah satu serangga yang paling ditakuti para ibu rumah tangga. Betapa tidak, hama ini sangat sulit dicari dan yang paling menjengkelkan adalah sulit dibasmi.

Untungnya, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Medical Entomologi menunjukkan pada kita cara yang mungkin ampuh untuk membasmi mereka: menggunakan warna.

Para ilmuwan membuat tenda kecil dari kertas yang memiliki delapan warna berbeda dan menempatkan mereka dalam cawan Petri. Mereka kemudian menempatkan kutus busuk di atasnya, dan menunggu sepuluh menit untuk melihat tenda mana yang akan mereka masuki.

Secara keseluruhan, kutu busuk sangat cenderung memilih tenda merah dibandingkan warna lain, hampir 29% dari 10 menit. Hitam di tempat kedua dan yang paling mereka hindari adalah hijau dan kuning.

BACA JUGA:

Waduh, Dikira Makanan Ringan Ribuan Pelari Maraton Makan Sabun Mandi

Misteri ‘Pesawat Alien’ di Dasar Laut Baltik yang Tidak Terpecahkan

Bisa Rusak Paru-paru dan Hati, Stop Kencing Di Kolam Renang!!

Bangun Tidur Terasa Lelah dan Lesu, Mungkin Satu Dari Delapan Hal Ini Penyebabnya

Spesifikasi ZTE Axon 2 Terungkap, Miliki Snapdragon 820 dan Kamera 20 MP

Ini Cara Rokok Merusak Keseimbangan Bakteri Dalam Mulut

Kenapa menghindari hijau dan kuning? alasannya mungkin karena warna-warna itu cerah atau identik dengan lingkungan luar, tempat di mana kutu busuk tidak dapat ditemukan.

Dan kenapa mereka menyukai merah? “Kami awalnya berpikir kutu busuk mungkin lebih suka merah karena warnanya sama seperti makanan mereka yaitu daerah,” kata rekan penulis studi Corraine McNeill, asisten profesor biologi di Union College di Nebraska, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Health.com.

“Namun, setelah melakukan penelitian, alasan utama mengapa menyukai warna karena itu seperti warna tubuh mereka, mereka ingin berkumpul dengan teman mereka yang lain, seperti yang kita ketahui, kutu busuk sangat suka berkerumun.”

Jadi, apakah kita harus menyingkirkan sprei merah dan menggantinya dengan kuning atau hijau? Mungkin tidak sesederhana itu. Warna mungkin tidak akan melindungi Anda dari kutu, para ilmuwan menunjukkan (meskipun mereka tidak mengesampingkan kemungkinan).

Para ilmuwan berpikir, bagaimanapun, pandangan tentang warna favorit kutu busuk suatu hari nanti bisa digunakan untuk membasmi mereka secara efektif.

Baca Juga :

Leave a comment