Bisa Lawan Kanker, Ini Beberapa Kehebatan Makanan Asli Korea, Kimchi

Reporter : | 01 Mar, 2016 - 3:20 pm WITA

korea selatan, Kimchi, manfaat Kimchi

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Para pengagum artis Korea dan penggila drama pasti tidak asing lagi dengan makanan yang bernama Kimchi. Makanan yang telah dikonsumsi oleh rakyat Korea Selatan selama selama ribuan tahun ini ternyata kaya akan nutrisi, tinggi serat dan rendah kalori. Tidak hanya enak, makanan tradisional ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baca yang dibawah ini:

Membuat Anda awet muda

Kimchi kaya akan vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel-sel sehat dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Studi juga telah membuktikan bahwa kimchi mengurangi peradangan.

Makan Kimchi dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Karena kaya serat, kimchi dapat membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. Serat juga akan membantu tubuh Anda membuang racun dan akan meningkatkan metabolisme. Karena rendah kalori, Anda tidak perlu khawatir jika makan dalam jumlah banyak.

Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Kimchi sangat bermanfaat bagi jantung. Pertama karena mengandung bawang putih yang memurnikan darah, menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Kedua, kimchi kaya akan serat yang membantu membilas molekul lemak dari tubuh sebelum mereka akhirnya teroksidasi dan diendapkan pada dinding arteri.

Kimchi baik untuk usus

Sebelum berakhir di atas meja, kimchi sudah mengalami proses fermentasi yang mempercepat pertumbuhan dan proliferasi bakteri baik. Bakteri baik menjaga keseimbangan flora dalam usus. Karen kaya serat, konsumsi kimchi secara teratur dapat mencegah Anda dari sembelit.

Dapat memperkuat kekebalan tubuh

Kimchi juga kaya vitamin A, C dan B-kompleks serta mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor dan kalium. Semua vitamin dan mineral akan membuat tubuh Anda lebih kuat sehingga dapat dengan mudah melawan pilek dan berbagai jenis penyakit menular dan infeksi. Bawang putih, cabai dan jahe yang dicampurkan di kimchi dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

Membantu melawan kanker

Bahan yang paling penting dalam kimchi adalah kubis. Para ahli mengklaim bahwa jenis sayur ini ampuh dalam melawan kanker karena kaya akan flavonoid dan glukosinolat.

Kimchi membantu menjaga kesehatan mata

Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang penting untuk kesehatan mata dan penglihatan yang tajam. Satu porsi 100 gram kimchi terbukti memberikan 18% dari asupan vitamin A yang dianjurkan.

Baca Juga :

1 comment

  1. lasealwin mengatakan:

    Wah. Makanan yang luar biasa teman. Di indo juga rempah-rempahnya baik untuk kesehatan lho termasuk melawan kanker. terimakasih

Leave a comment