Tiga Kebiasaan yang Tanpa Anda Sadari Dapat Menyebabkan Perut Kembung

Reporter : | 26 Jan, 2016 - 4:02 pm WITA

MANADOTODAY – Asam lambung, kembung dan sakit perut biasanya muncul setelah mengkonsumsi makanan berat terutama susu atau makanan asam. Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya perut kembung, tapi untungnya ini biasanya bukan penyakit yang serius. Dibawah ada tiga kebiasaan yang kita tidak sadari dapat menyebabkan perut kembung.

1. Mengkonsumsi karbohidrat dan protein bersamaan

Makanan berat biasanya mengandung pati dan protein seperti: steak dan kentang serta nasi dan ayam. Kombinasi ini biasanya dikonsumsi oleh seluruh orang di dunia tetapi mereka jarang menyadari apa yang terjadi setelah makanan-makanan ini memasuki perut. Jika Anda tidak menggabungkan pati dan protein, pati akan lebih mudah dicerna. Protein, tidak seperti pati, lebih lama dicerna. Ketika protein dan pati digabungkan, pati masih bisa dicerna dengan cepat tapi itu diam di perut lebih lama karena protein. Ketika pati berdiam di lambung, itu berfermentasi dan melepaskan gas yang membuat Anda kembung.

Tips sehat: Konsumsi pati sebelum protein. Itu sebabnya di restoran-restoran roti disajikan sebelum hidangan utama.

2. Minum air es saat makan

Suhu dingin membuat pembuluh darah kita menyempit, ini memperlambat pencernaan karena hanya sedikit ruang untuk oksigen dan nutrisi memasuki atau meninggalkan aliran darah. Itu sebabnya jika Anda minum air dingin ketika sedang makan, itu akan menyebabkan pembuluh darah di perut mengerut dan mencegah pencernaan bekerja dengan normal. Bahkan jika Anda tidak mengkonsumsi pati dan protein dengan waktu yang bersamaan, air dingin tetap memperlambat pencernaan.

Tips sehat: Minum minuman hangat atau panas seperti teh saat sedang makan. Anda dapat minum air dingin sebelum atau setelah, tapi tidak saat sedang makan.

3. Minum minuman berkarbonasi dengan camilan

Ini adalah kebiasaan yang sangat tidak sehat tetapi banyak orang sering melalukannya. Minuman berkarbonasi memicu produksi gas yang berlebihan dan ketika mereka berinteraksi dengan cairan lambung dalam perut, maka terjadilah bencana. Mereka juga mengandung gula dan aditif buatan. Cobalah untuk menghindari minuman berkarbonasi jika Anda menderita kembung.

Baca Juga :

Leave a comment