Mencuci Piring Dengan Tangan Ternyata Berbahaya

Reporter : | 12 Jan, 2016 - 5:00 pm WITA

cuci Piring

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Sebuah penelitian yang dilakukan consumerreports.org, menunjukkan bahwa piring tidak boleh dicuci dengan tangan kosong. Meskipun tidak bisa diakses oleh semua orang, mesin cuci piring adalah solusi yang jauh lebih baik. Inilah alasannya.

Kebanyakan orang yang memiliki mesin cuci piring sebelum meletakkan piring di mesin, pasti secara manual mencuci lapisan pertama kotoran. Ini benar-benar tidak berguna dan memiliki konsekuensi yang serius, menurut The Washington Post.

Mencuci piring dengan tangan TIDAK membersihkan piring

Suhu air yang tangan kita bisa tahan, tidak cukup tinggi untuk menghancurkan semua bakteri di piring. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa spons yang kita gunakan untuk mencuci piring adalah objek yang paling banyak di tempati bakteri di rumah. Sebenarnya, ini juga adalah alasan lain mengapa mencuci piring dengan tangan tidak dianjurkan, karena dengan menggunakan spons, kita bisa menambahkan beberapa lapisan tambahan kotoran pada piring. Mesin pencuci piring modern memiliki peluang besar untuk benar-benar menghilangkan bakteri.

Mencuci piring dengan tangan buruk bagi lingkungan

Jika Anda mencuci piring dengan tangan, Anda otomatis akan menggunakan lebih banyak air dibandingkan jika menggunakan mesin pencuci piring.

Sebenarnya ada beberapa manfaat

Dalam sebuah percobaan yang dilakukan oleh para peneliti Swedia, menemukan bahwa anak-anak dari keluarga yang mencuci piring dengan tangan, memiliki sekitar 40 persen lebih rendah untuk mengembangkan alergi dibandingkan dengan anak-anak yang menggunakan mesin pencuci piring.

Alasannya adalah bahwa anak-anak di kelompok pertama tumbuh dalam lingkungan di mana ada lebih banyak bakteri, dan paparan bakteri membuat anak-anak lebih tahan terhadap alergi.

Baca Juga :

Leave a comment