Jika Anda Menemukan Tanda Ini di Jari, Segera Pergi ke Dokter!!

Reporter : | 16 Nov, 2015 - 10:18 pm WITA

kanker , kanker paru-paru

(foto: healthadvisorgroup.com)

MANADOTODAY – Menurut American Cancer Society, kanker paru-paru merupakan silent killer karena gejalanya yang halus dan sering diabaikan. Bahkan jika Anda tidak merokok, tidak membuat Anda Anda kebal terhadap kanker paru-paru.

Penyakit ini dapat terjadi pada hampir semua orang, jadi penting untuk menyadari tanda-tanda tertentu yang bisa menunjukkan perkembangan kanker. Mengetahui tanda-tanda awal kanker sejak awal akan memungkinkan Anda untuk pulih dan hidup lebih lama sesudahnya.

Ini sembilan tandanya dikutip dari healthadvisorgroup.com:

1. Batuk berdarah

Semua orang pernah batuk, terutama ketika Anda sakit, namun jika mengandung maka itu pertanda serius. Jika Anda batuk darah, itu merupakan indikasi bahwa Anda harus mengunjungi dokter.

2. Kehilangan berat badan berlebihan

Kehilangan berat badan biasanya hal yang positif, namun penurunan berat badan berlebihan tanpa adanya perubahan gaya hidup mungkin merupakan tanda peringatan langsung kanker. Tubuh tidak menggunakan nutrisi secara efisien, karena itu nutrisi dibuang percuma. Akibatnya, berat badan Anda turun walapun makan normal dan rajin berolahraga.

3. Nyeri tulang dalam

Banyak kanker akhirnya menyebar ke tulang karena mereka dekat dengan hampir setiap organ utama dalam tubuh. Jika Anda sakit dalam pinggul atau belakang, meminta seorang dokter untuk memeriksa kesehatan Anda.

4. Batuk memburuk

Jika Anda menderita batuk kronis, Mayo Clinic menyarankan untuk mencari dokter. Gejala ini merupakan tanda kanker paru-paru klasik yang biasanya berada pada tahap awal penyakit.

5. Nyeri dada

Setiap nyeri dada merupakan masalah bagi pasien karena daerah ini melibatkan paru-paru dan jantung. Jika Anda menarik napas dalam-dalam dan merasakan sakit, cari dokter sesegera mungkin.

6. Mengi

Pasien kanker paru-paru sering menderita mengi, dimana obstruksi menghambat pergerakan udara di dalam tubuh. Bahkan, mengi ini tidak akan hilang sampai dokter dapat secara akurat mendiagnosis masalah. Ini bisa menjadi infeksi pernapasan dasar, tetapi bisa juga merupakan tanda kanker

7. Kelelahan kronis

Sel-sel kanker memangsa sel-sel tubuh yang sehat dan memaksa sistem kekebalan tubuh untuk bekerja keras. Akibatnya, penderita kanker hampir terus-menerus lelah. Tubuh mereka berusaha untuk melawan sel-sel kanker yang menyerang. Berbicara dengan seorang dokter tentang masalah ini sebelum memburuk.

8. Suara serak

Paru-paru yang sehat Anda memungkinkan Anda untuk berbicara dengan jelas, namun timbulnya kanker membuat sulit bernapas. Akibatnya, Anda mungkin suara Anda terdengar serak sepanjang hari. Dokter dapat memeriksa paru-paru, tenggorokan dan mulut untuk menentukan penyebab untuk suara serak kronis.

9. Alergi musiman
Tanda lain yang tidak biasa dari kanker paru-paru adalah demam atau alergi musiman. Ketika penderita alergi menghirup serbuk sari dan udara polutan, sistem kekebalan tubuh mereka bereaksi berlebihan. Dahak dan mengi mungkin hadir. Namun, gejala ini juga terkait dengan kanker paru-paru. Jika gejala demam tampaknya hilang selama berhari-hari, penting untuk mencari dokter sesegera mungkin.

Baca Juga :

Leave a comment