Empat Cara Alami Dapatkan Tidur Nyenyak Setiap Malam

Reporter : | 09 Nov, 2015 - 10:02 pm WITA

Tidur , tips Tidur

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Tidur sangat penting tidak hanya untuk kecantikan, tetapi juga untuk fungsi hormon yang baik, regulasi gula darah, regulasi sel dan banyak lagi.

Banyak cara agar bisa tidur dengan nyenyak termasuk menghindari kafein, olahraga teratur dan membuat lingkungan tidur yang baik. Tapi, meskipun banyak orang telah mencoba cara ini, mereka masih kesulitan untuk tidur.

Ada baiknya Anda mencoba tiga cara dibawah ini:

1. Angkat kaki ke atas

Banyak orang yang berdiri, berjalan atau duduk hampir sepanjang hari. Dengan demikian, cairan darah dan getah bening dapat berkumpul di kaki.

Dengan menempatkan kaki ke atas selama 15-30 menit sebelum tidur, Anda bisa mendapatkan tidur yang nyenyak. Anda juga dapat melakukannya dengan meletakkan kaki di sofa atau kursi pada sudut 90 derajat, atau berbaring di tempat tidur dan tempatkan kaki lurus ke dinding.

2. Madu dan garam

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa jika makan sesuatu yang manis dan asin saat malam hari, Anda akan tidur lebih baik. Teorinya adalah bahwa ini membantu Anda mengatur gula darah.

Garam membantu menurunkan kadar kortisol dan kadar gula darah. Madu membantu mengangkat insulin, yang membantu menurunkan kortisol. Karbohidrat melancarkan peredaran darah ke otak dan meningkatkan produksi melatonin.

Yang harus Anda lakukan adalah campur setengah sendok teh gula alami, seperti madu, atau sirup maple dengan garam alami dan konsumsi 15-20 menit sebelum tidur.

3. Latihan pernapasan

Cara ini membantu oxygenating darah dan mendorong relaksasi. Cara ini tidak memerlukan biaya, cepat, sederhana dan efektif.

Ini yang harus Anda lakukan:

1. Duduk dalam posisi santai atau berbaring, bernapas melalui hidung dan hitung sampai empat.
2. Tahan napas saat sampai hitungan ke tujuh.
3. Perlahan-lahan hembuskan napas melalui mulut saat menghitung sampai delapan.
4. Ulangi 3-4 kali atau sampai Anda merasa santai.

4. Jus ceri

Menurut penelitian, jus ceri dapat membantu memerangi insomnia, meningkatkan tingkat melatonin dan mengurangi peradangan untuk mendorong tidur nyenyak. Anda harus minum satu sendok makan jus ceri tart saat malam hari.

Baca Juga :

Leave a comment