Perbanyak Makan Buah dan Sayur Saat Masih Muda Agar Saat Dewasa Nanti Tidak ‘Menderita’

Reporter : | 29 Okt, 2015 - 2:02 pm WITA

Buah ,Sayur , penyakit jantung

(foto: pixabay)

ManadoToday – Sebuah studi baru kembali menemukan bahwa buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan. Studi ini menunjukkan bahwa makan buah-buahan dan sayuran ketika masih muda bisa memberikan Anda jantung yang sehat ketika dewasa.

Pemimpin penelitian Michael D. Miedema, ahli jantung di Minneapolis Heart Institute, Minnesota, mengatakan bahwa ini adalah studi pertama yang menghubungkan pengkonsumsian buah-buahan dan sayuran saat usia muda dengan penurunan risiko penyakit jantung di usia dewasa.

Para peneliti menyebutkan bahwa anak-anak yang makan antara tujuh dan sembilan porsi buah dan sayuran secara rutin, kurang mungkin didiagnosis dengan kalsifikasi plak arteri koroner 2, kondisi yang terkait dengan aterosklerosis yang mengarah ke penyakit jantung koroner dan bahkan serangan jantung saat dewasa.

Dalam penelitian, peneliti membagi para relawan menjadi tiga kelompok berdasarkan porsi buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari. Kelompok pertama makan paling banyak sayur dan buah sedangkan kelompok tiga terendah.

Para peserta kemudian menjalani CT scan untuk mengetahui risiko kalsifikasi plak arteri koroner 2 dan penyakit jantung koroner. Ditemukan bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran selama usia muda dapat membuat jantung tetap sehat saat dewasa. Studi ini mendorong kebiasaan makan yang sehat sejak usia muda karena memiliki menfaat kesehatan yang besar.

Baca Juga :

Leave a comment