Bagaimana Terapi Anjing Bisa Membantu Anak-anak Penderita Kanker

Reporter : | 26 Okt, 2015 - 10:23 pm WITA

ManadoToday – Untuk anak-anak yang berjuang melawan kanker, bantuan untuk situasi stres mereka mungkin datang dengan empat kaki, sebuah studi baru menunjukkan.

Dalam studi tersebut, yang disebut “terapi anjing”, tampaknya memberikan anak-anak manfaat fisik dan mental yang baik.

“Anjing mungkin memiliki efek menenangkan pada pasien,” kata pemimpin peneliti Amy McCullough, direktur nasional penelitian manusiawi dan terapi di Humane Association, menjelaskan dalam sebuah rilis berita dari American Academy of Pediatrics (AAP).

Temuan studi dijadwalkan akan dipresentasikan saat pertemuan tahunan AAP di Washington, DC.

Dalam studi tersebut, tim McCullough melihat hasil dari 68 anak, berusia 3-17 tahun, yang baru didiagnosa dengan kanker. Anak-anak ini dibagi menjadi dua kelompok, di mana satu kelompok menerima kunjungan mingguan dari terapi anjing dan kelompok lainnya tidak.

Penulis menjelaskan, selama kunjungan, anak-anak mengelus atau berbicara dengan anjing yang sudah dilatih, menyikat bulu, menyaksikan anjing melakukan trik-trik atau mengikuti perintah, belajar tentang ras anjing, dan melihat foto-foto anjing.

Hasilnya? Para peneliti menemukan bahwa tekanan darah lebih rendah dan detak jantung lebih stabil pada anak-anak yang dikunjungi oleh anjing dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan kunjungan. Kunjungan anjing juga muncul untuk mengurangi tingkat kecemasan, tim McCullough mengatakan.

McCullough mengatakan bahwa temuan akan membantu dalam “memahami manfaat dari ikatan penting antara manusia dan hewan.”

Baca Juga :

Leave a comment