Awas, Lipstik Bisa Meracuni Anda

Reporter : | 08 Okt, 2015 - 1:43 pm WITA

ManadoToday – Banyak dari kita tidak merasa sempurna jika tidak memakai pewarna bibir. Tetapi beberapa penelitian telah menemukan bahwa lebih dari setengah lipstik yang beredar mengandung timbal dan logam beracun, seperti kadmium dan aluminium, yang telah dikaitkan dengan kerusakan sistem saraf dan kelainan janin.

Tidak semua bahan-bahan ini ditambahkan langsung ke lipstik, tetapi banyak pewarna yang digunakan mengandung mineral-mineral tersebut.

Sementara industri kosmetik mengatakan mereka hanya menggunakan mineral tersebut dengan jumlah yang sangat sedikit, sturdi yang dilakukan Universitas California menemukan wanita menggunakan lipstik antara dua sampai 14 kali sehari, membuat mereka memakai 87 miligram kosmetik. Dalam waktu lama, kadar logam dapat terbentuk dalam tubuh ke tingkat yang tidak aman.

Pat Thomas, penulis Skin Deep: The Essential Guide To What’s In The Toiletries And Cosmetics You Use, mengatakan dikutip dari Mail Online: “Tidak mungkin untuk membuat warna-warna cerah tanpa menggunakan pewarna yang mengandung logam berat seperti timbal, tetapi juga aluminium dan kadmium.

“Lipstik yang tidak hilang, akan tertelan dan hal yang mengkhawatirkan tentang neurotoxin kuat yang menumpuk di tubuh akan terjadi.’

Pat menyarankan menggunakan lipstik Sheer atau Gloss untuk pemakaian sehari-hari, karena lipstik ini umumnya memiliki tingkat kandungan logam berat yang lebih rendah.

Baca Juga :

Leave a comment