6 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Reporter : | 24 Sep, 2015 - 10:47 am WITA

Menangis , efek Menangis , tips sehat

(foto: pixabay)

1. Detoksifikasi

Kita tidak menangis hanya karena ketika kita sedih. Menangis juga suatu dorongan fisik terkait dengan terlalu banyak stres. Ketika kita menangis tubuh kita menghilangkan kortisol, hormon yang berhubungan dengan stres yang berpotensi membahayakan kesehatan saat tidak seimbang. Tingkat tinggi kortisol dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan seperti masalah tidur, masalah dengan sistem kekebalan tubuh dan lemak di daerah pinggang.

2. Bakteri dalam tubuh Anda akan hilang

Air mata menghapus semua bakteri di mata Anda. Hal ini karena air mata mengandung lisozim (juga dikenal sebagai “antibiotik tubuh”), hormon yang juga dapat ditemukan dalam ASI ibu dan air liur. Ketika Anda menangis lisozim dilepaskan dan membunuh 90% bakteri. Itu berarti bahwa menangis tidak hanya melepaskan racun dari tubuh tetapi juga menghancurkan racun lain yang ditemukan di permukaan tubuh.

3. Penglihatan Anda meningkat

Pada siang hari, membran mata kita mengering, membuat mata lebih sulit untuk fokus. Air mata mengairi membran, merevitalisasi mata dan penglihatan Anda menjadi kembali jelas.

4. Suasana hati meningkat

Dengan bantuan menangis, kita menyingkirkan stres karena hormon tertentu dilepaskan dalam tubuh dan semua ini memiliki efek positif pada suasana hati kita. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 di Universitas South Florida menunjukkan bahwa 90% dari orang-orang yang menangis dalam situasi stres merasa lega dan suasana hati jadi lebih baik. Orang yang tidak menangis akan menghadapi situasi kehidupan yang sulit.

5. Anda menghadapi emosi Anda sendiri

Orang-orang yang mengatakan mereka tidak pernah menangis, mungkin berbohong kepada diri mereka sendiri dan orang lain. Kita semua memiliki sesuatu yang bisa membuat kita menangis (terutama perempuan ketika kadar hormon tidak seimbang selama PMS).

6. Membuat kita terhindar dari iritasi

Air mata tidak datang hanya ketika kita sedih. Ini adalah pertahanan alami tubuh ketika benda asing menyentuh mata. Ketika debu, pasir atau bulu mata masuk ke mata Anda, reaksi alami tubuh adalah membuat mata Anda basah. Dengan cara itu membran mata terlindung dari kerusakan dan infeksi. Alasan mengapa kita sering mengeluarkan air mata ketika memotong bawang adalah karena fakta bahwa sayuran ini memancarkan “serangan” pada mata dan air mata melawan iritasi ini. (Jadi, sangat penting sebelum memotong bawang untuk memasukkannya ke dalam lemari es atau rendam dalam air dingin)

Baca Juga :

Leave a comment