6 Alasan Tidak Perlu Mengupas Apel Saat Akan Dimakan

Reporter : | 18 Sep, 2015 - 2:24 pm WITA

Apel , kulit apel, manfaat apel, Quercetin

(foto: pixabay)

ManadoToday – Kulit apel diketahui mengandung banyak serat, vitamin, dan dapat melindungi Anda dari kanker.

Dan ternyata, bukan hanya itu, kulit apel mengandung berbagai bahan yang bermanfaat bagi kesehatan dan ini adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak harus mengupas apel sebelum dikonsumsi.

1. Kulitnya memiliki banyak serat.

Apel utuh rata-rata mengandung 4,4 g serat dan jika kulit dikupas, jumlah serat berkurang menjadi 2,1 g.

2. Ada banyak vitamin dalam kulitnya.

Apel utuh mengandung 8,4 mg vitamin C dan 98 unit internasional vitamin A. Ketika kita mengupas kulit, nilai-nilai tersebut dikurangi menjadi 6,4 mg vitamin C dan 61 unit internasional vitamin A.

3. Apel akan melindungi Anda hanya jika Anda mengkonsumsinya dengan kulit.

Senyawa yang bertanggung jawab untuk mempermudah proses pernapasan ketika mengkonsumsi apel disebut quercetin dan seperti yang Anda predeksi, itu ditemukan dalam kulitnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lima atau lebih apel seminggu, memiliki paru-paru sehat berkat efek dari senyawa ini.

4. Quercetin juga baik untuk memori Anda

Menurut penelitian dari tahun 2004, antioksidan ini memiliki peran besar dalam melawan jaringan rusak di otak dan hal itu berkaitan dengan penyakit Alzheimer dan penyakit degeneratif lainnya.

5. Kulit apel dapat berfungsi sebagai pencegah kanker

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 di Universitas Cornel, menemukan sebuah senyawa yang memiliki nama umum triterpenoid dan terletak di kulit apel. Senyawa ini memiliki khasiat untuk menghambat atau membunuh sel-sel kanker. Senyawa baik untuk hati, usus besar dan kanker payudara.

6. Sukses melawan obesitas

Kulit apel juga mengandung asam ursolat yang merupakan senyawa penting untuk memerangi obesitas. Ini mendorong peningkatan pembakaran kalori otot dan menurunkan risiko obesitas.

Baca Juga :

Leave a comment