Tahan Tangan Anda Untuk Tidak Menyentuh 6 Bagian Tubuh Ini

Reporter : | 21 Agu, 2015 - 5:27 pm WITA

infeksi , tips sehat, kesehatan

(foto: pixabay)

ManadoToday – Risiko infeksi akan meningkat jika Anda memakai perhiasan atau jika Anda memiliki kuku yang panjang karena banyak kotoran menumpuk. Jangan lupa bahwa Anda dapat mentransfer bakteri penyebab penyakit terutama dengan tangan Anda.

Untuk mengurangi risiko infeksi, Anda harus menghindari menyentuh bagian-bagian tubuh ini:

1. Wajah
Menyentuh wajah harus dibatasi hanya jika akan mencuci muka, atau memakai make up. Jika Anda menyentuh sesuatu yang kotor dan kemudian Anda menyentuh wajah Anda, Anda meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan beberapa infeksi kulit.

2. Telinga
Memasukan jari atau hal-hal lain ke dalam telinga dapat mempengaruhi kesehatan Anda. “Kulit di telinga sangat tipis dan rentan terhadap peradangan”, kata otolaryngologist Amerika John K. Niparko dikutip dari healthylifetricks.com. Selain itu, ia menambahkan bahwa jika Anda terus-menerus menggaruk telinga, Anda mungkin akan mendapatkan banyak kondisi yang kemudian harus diperlakukan secara medis. Jadi, jika ada rasa gatal konstan di salah satu telinga, pergilah berkonsultasi dengan dokter bukannya memecahkan masalah Anda sendiri.

3. Mata
“Menyentuh mata dapat menyebabkan peradangan dan infeksi serius”, kata dokter mata K. Kokerhem. Jika mata Anda gatal atau merah maka cara terbaik adalah pergi ke dokter mata atau menerapkan obat tetes mata.

4. Mulut
Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa orang yang menaruh jari-jari mereka di mulut lebih dari 20 kali dalam satu jam ketika mereka merasa bosan. Studi lain menunjukkan bahwa ini adalah cara termudah untuk mentransfer sepertiga dari semua infeksi kedalam tubuh.

5. Hidung
Orang-orang yang sering memasukan jari-jari mereka kedalam hidung memiliki peningkatan resiko sebanyak 51% mentransfer bakteri Staphylococcus aureus.

6. Area di bawah kuku Anda
Menurut saran para ahli kuku harus dipotong sependek mungkin karena kulit di bawah kuku Anda sangat sensitif dan dapat menjadi rumah dari kotoran-kotoran. Selain itu, bahaya akan lebih besar jika Anda tidak membersihkan kuku secara teratur atau jika Anda membersihkan kotoran dengan benda tajam.

Baca Juga :

Leave a comment