Perbaiki Suasana Hati Dengan Makanan-makanan ini

Reporter : | 24 Mei, 2015 - 8:17 pm WITA

makanan, kesehatan, mood booster

(foto: pixabay)

ManadoToday – Jika anda sering gelisah, mudah marah dan sering melimpahkan keselahan pada pasangan atau teman anda, mungkin ini waktunya melihat kebiasaan makan anda.

Kebiasaan makan dapat mempengaruhi cara kita dalam berpikir dan perasaan dengan setidaknya dua cara yang berbeda. Salah satunya adalah dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak dan kedua melalui efeknya pada kadar gula darah. Jadi, mari kita lihat jenis-jenis makanan yang dapat membuat suasana hati anda menjadi lebih damai.

Sarapan Tepat

Sarapan yang baik adalah kunci untuk menjaga suasana hati tetap baik sepanjang hari. Sarapan yang meningkatkan mood harus memiliki karbohidrat yang tepat. Gandum utuh penting karena diserap perlahan-lahan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Gula darah yang naik merupakan penyebab umum dari sifat cepat marah. Selain itu, karbohidrat meningkatkan pasokan triptofan di otak, yang pada gilirannya meningkatkan sintesis serotonin.

Air

Penyebab umum lainnya dari sifat lekas marah dan kelelahan adalah dehidrasi. Jaga agar tubuh tetap mendapat pasokan air yang cukup, jika perlu bawah botol air minum kemana-mana. Teh, kopi dan minuman ringan bukanlah pengganti air. Namun, mengunyah beberapa buah-buahan seperti apel dan jeruk dapat membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau merupakan sumber folat yang baik. Kekurangan folat telah dikaitkan dengan depresi dalam beberapa studi. Anda dapat memastikan bahwa menu makan anda tidak kekurang folat dengan secara teratur mengkonsumsi bayam, selada, dan sayuran hijau lainnya. Kacang-kacangan (almond, walnut, kacang mete) juga merupakan sumber folat yang baik.

Ikan dan Kenari

Manfaat asam lemak omega-3 tidak terbatas! anda harusnya tahu bahwa itu baik untuk jantung dan arteri. Sekarang para ilmuwan telah menemukan bahwa itu juga mempengaruhi jalur metabolisme dalam otak dan dapat melawan depresi. Mengingat semua manfaat dari omega-3, pastinya masuk akal jika memasukkan beberapa sumber yang kaya omega-3 seperti ikan dan kenari dalam menu anda.

Daging rendah lemak

Daging rendah lemak seperti ayam, daging babi dan daging sapi menyediakan asam amino yang disebut tirosin. Tirosin meningkatkan kadar dopamin dan norepinefrin, pembawa pesan otak yang dapat membantu anda merasa lebih waspada dan fokus. Daging juga menyediakan vitamin B12, yang melawan insomnia dan depresi.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam menyediakan dua bahan kimia, kafein dan theobromine yang memiliki efek meningkatkan suasana hati.

Kentang panggang

Kentang panggang atau yang ditumbuk bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik karena menyebabkan pelepasan serotonin di otak. Namun, keripik kentang atau yang di goreng tidak memiliki efek yang sama karena disertai dengan lemak.

Hidangan laut / Seafood

Makanan laut seperti tiram, sarden, kerang, kepiting dan ikan meningkatkan suasana hati karena menyediakan banyak selenium. Selenium telah terbukti memiliki efek antidepresan dalam beberapa studi.

Baca Juga :

Leave a comment