Lima Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Reporter : | 23 Mei, 2015 - 12:44 pm WITA

Kolesterol, minyak zaitun, sehat, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Mengkonsumsi makanan tertentu telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol. Minyak zaitun adalah salau satu pilihan terbaik, selain karena tidak meningkatkan kolesterol jahat (LDL), tetapi juga karena tidak menurunkan tingkat kolesterol baik Anda (HDL). Kenari juga merupakan sumber yang kaya asam lemak tak jenuh ganda yang menjaga arteri tetap sehat.

Namun, tentu saja, makanan-makanan ini bekerja hanya ketika jika kita memasukannya sebagai bagian dari diet rendah kolesterol dan latihan fisik yang optimal. Dibawah ini ada beberapa makanan yang terbukti dapat menurunkan kolesterol, plus bagaimana anda dapat menggabungkannya dalam rencana diet anda.

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun sangat baik untuk para penderita kolesterol, selain karena tidak meningkatkan “kolesterol jahat” (LDL), tetapi juga karena tidak menurunkan “kolesterol baik” (HDL). Menurut rekomendasi dari Food and Drug Administration, anda harus mengkonsumsi sekitar 23 gram (2 sendok makan) minyak zaitun setiap hari. Dicampur dengan cuka, minyak zaitun dapat dibuat menjadi salad. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pengganti minyak untuk memasak makanan

2. Serat larut
Anda mungkin berpikir serat larut seperti spons yang menyerap kolesterol dalam makanan. Oatmeal, apel, pir, barley, dan buah prune adalah beberapa makanan yang kaya serat larut. Ini tidak berarti bahwa anda bebas untuk makan makanan yang kaya kolesterol ditambah dengan semangkuk oatmeal. Anda perlu mengambil makanan ini untuk itu manfaat tambahan sebagai bagian dari diet rendah kolesterol. Sekitar 10 gram atau lebih serat larut setiap hari diperlukan untuk menurunkan kolesterol LDL Anda. Satu setengah cangkir oatmeal untuk sarapan akan memberikan sekitar 6 gram serat larut. Tambahkan pisang untuk sisa 4 gram.

3. Kenari
Kenari merupakan sumber yang kaya asam lemak tak jenuh ganda yang menjaga arteri tetap sehat. Dalam studi ilmiah, mengkonsumsi kenari secara teratur dapat secara signifikan mengurangi kolesterol darah. Jika tidak doyan kenari, almond, hazelnut, atau kacang bisa jadi alternatif. Yang harus anda ingat, jangan berlebihan, karena kacang padat kalori, terlalu banyak akan menjadi kontraproduktif

4. Asam lemak Omega 3
Asam lemak omega 3 baik untuk kesehatan dengan banyak manfaat. Dan manfaatnya termasuk menurunkan kolesterol darah. Non vegetarian bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dari ikan seperti tuna, salmon, tenggiri, trout, ikan haring, dan sarden setiap minggu. Vegetarian dapat menggunakan biji rami atau minyak Kanola untuk memasak agar mendapatkan asam lemak omega 3. Suplemen Omega 3 atau minyak ikan juga banyak tersedia di pasar. Baiknya, anda mungkin dapat mendiskusikannya dengan dokter anda.

5. Sterol
Sterol adalah zat yang ditemukan dalam tanaman yang membantu memblokir penyerapan kolesterol. Margarin, jus jeruk dan yoghurt adalah beberapa makanan yang diperkaya sterol yang tersedia di pasar. Sekitar 8 ons (237 mililiter) jus jeruk yang diperkaya sterol dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 10 persen atau lebih. Makanan yang diperkaya sterol tidak memiliki efek buruk kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) atau penyerapan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K).

Baca Juga :

Leave a comment