Cara Mengatasi Sembelit pada Anak-anak

Reporter : | 20 Mei, 2015 - 4:43 pm WITA

Sembelit, obat Sembelit, Sembelit pada anak, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Sembelit adalah suatu kondisi dimana seseorang sulit untuk buang air besar atau tinja cenderung keras, kering dan sulit untuk dikeluarkan. Anak-anak kebanyakan menderita sembelit karena sering menahan rasa ingin buang air besar.

Anak-anak yang menderita sembelit mengalami gejala seperti sulit buang air besar, tinja kering dan sulit keluar, sakit pada bagian perut, mual, muntah juga biasanya disertai penurunan berat badan. Juga bercak darah pada permukaan tinja yang keras.

Anak-anak sering menderita sembelit karena terlalu cepat mengajari anak untuk menggunakan toilet, diet rendah serat dan terlalu banyak makan makanan olahan juga dapat menyebabkan sembelit. Perubahan iklim dan pola makan juga bisa menjadi penyebab sembelit.

Makanan yang terlalu berminyak dan pedas – biasanya diklasifikasikan sebagai ‘junk food ‘ bisa menjadi penyebab sembelit pada anak-anak.

Obat-obatan seperti obat flu, antasid, dan antidepresan juga dapat menyebabkan sembelit.

Agar anak tidak terkena sembelit, anak harus diberi asupan air putih yang cukup. Tidak lupa makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian seperti oatmeal.

Untuk mengobati, anak biasanya diberit obat pencahar, dan pola makannya diubah. Anak yang menderita sembelit selama dua minggu harus dibawa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Baca Juga :

Leave a comment