Tujuh Cara Pintar Mengontrol Kalori

Reporter : | 19 Mei, 2015 - 12:44 pm WITA

Kalori, diet, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Mengontrol kalori merupakan tantangan utama bagi sebagian besar pengamat berat badan. Namun, anda akan terkejut mengetahui bahwa anda dapat memotong sejumlah besar kalori hanya dengan membuat beberapa perubahan cerdas dalam cara anda memasak dan pemilihan makanan. Simak tips-tips pintar untuk mengontrol kalori dibawah ini:

#1 Penggunaan Minyak goreng

Sendok kecil (5 mL) dari sebagian besar merek minyak goreng memiliki lebih dari 40 kalori. Dan sesendok terlihat seperti hanya beberapa tetes dalam panci ukuran besar. Jika anda biasanya tidak mengukur minyak goreng yang digunakan, ini mungkin saat anda menggunakan 20ml atau lebih untuk menumis makanan sederhana.

#2 Gunakan metode cerdas dalam memasak

Semua makanan yang biasa anda goreng mungkin bisa panggang, atau dikukus. Ini berarti memasak dengan tidak memakai minyak dan lebih banyak kalori disimpan.

#3 Buah, bukan jus

Alih-alih membuat jus buah saat sarapan, kenapa kita tidan memakan buah-buahan utuh. Jeruk utuh rata-rata memiliki sekitar 60 kalori sedangkan segelas (250ml) jus jeruk memiliki lebih dari 100 kalori. Makan buah utuh juga membuat perut anda penuh, anda cenderung akan melewatkan camilan-camilah yang tidak perlu. Serat yang didapatkan juga bagus untuk kesehatan anda.

# 4 Apa yang anda minum

Minuman ringan adalah cara dimana kalori menyelinap ke dalam tubuh. Jika anda dapat melewati hari tanpa meminum minuman ringan, anda dapat memotong beberapa ratus kalori. Jika tidak mampu, cobalah memilih yang versi diet. Demikian pula, jika anda dapat meminum teh dan kopi tanpa gula atau dengan pemanis buatan, anda dapat menyimpan 20 sampai 100 kalori tergantung pada berapa banyak gula yang anda gunakan.

#5 Susu rendah lemak

Susu rendah lemak dan yogurt memiliki sekitar setengah kalori dari versi yang berlemak. Alih-alih menghindari susu sama sekali lebih baik beralih ke yang rendah lemak. Melakukan hal ini akan membantu anda menjaga asupan kalsium dan protein saat menjalani diet rendah kalori.

#6 Jika ingin berbelanja makanlah dirumah terlebih dahulu

Jika anda ingin pergi ke mal, berbelanja atau ke bioskop, makanlah di rumah sebelum melangkah keluar atau membawa camilan buatan sendiri di tas anda. Makan hanya ketika jika anda berencana untuk makan di luar rumah.

#7 Perlahan dan terus menerus

Upaya pemotongan kalori lebih baik dilakukan perlahan dan pasti daripada melakukannya dengan secara blak-blakkan. Jika anda makan malam biasanya dengan hidangan hangan lezat dan tiba-tiba beralih ke salad, ini mungkin hanya akan membuat anda frustasi dan menyebabkan anda cepat menyerah. Sebaliknya, cobalah untuk mengurangi dan mengubah pola makan anda selama beberapa minggu. Ini memberi tubuh dan pikiran waktu untuk menyesuaikan, yang merupakan keharusan bagi perubahan berkelanjutan.

Baca Juga :

Leave a comment