Cegah Infeksi Usus (Giardia ) Pada Anak

Reporter : | 05 Mei, 2015 - 5:32 pm WITA

Infeksi Usus, Giardia,  infeksi Giardia, gejala Giardia, ManadoToday – Giardia terjadi karena ada infeksi dalam usus. Hal ini disebabkan oleh parasit Giardia lamblia. Usus pasien akan meradang karena infeksi. Giardiasis jauh lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa, ini dikarenakan anak-anak lebih mungkin untuk melakukan kontak langsung dengan kotoran, terutama jika mereka memakai popok.

Beberapa orang dengan infeksi Giardia pernah mengembangkan tanda-tanda atau gejala tetapi masih membawa parasit dan dapat menyebar ke orang lain melalui tinja mereka. Bagi mereka yang sakit, tanda dan gejala biasanya muncul 1-2 minggu setelah terkena dan mungkin termasuk:
– Diare dan kotoran berair, kadang-kadang berbau busuk.
– Kelelahan.
– Perut kram dan kembung.
– Mual.
– Kehilangan berat badan sebanyak 10 persen dari berat badan anda.

Tanda dan gejala infeksi Giardia biasanya membaik dalam dua sampai enam minggu, tetapi pada beberapa orang menjadi kronis, berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Giardia yang disebabkan oleh parasit Giardia intestinalis (juga disebut Giardia lamblia). Parasit Giardia memiliki dua bentuk:
– Bentuk aktif: Bentuk aktif Giardia hidup di usus hewan yang terinfeksi atau manusia.
– Kista aktif: bentuk ini dapat bertahan selama berbulan-bulan. Ketika kista tidak aktif ini tertelan, cangkang keras mereka akan pecah di perut dan melepaskan parasit. Parasit kemudian menempel pada dinding usus kecil, dan akhirnya mereproduksi menjadi jutaan dan merusak dinding usus. Ini mengganggu kemampuan anda untuk menyerap makanan, yang menyebabkan diare dan penurunan berat badan.
– Seiring waktu, parasit melepaskan diri dari usus kecil, berubah kembali menjadi kista dan hidup di kotoran Anda. Mereka dapat bertahan hidup di tanah atau air untuk waktu yang lama sampai mereka tertelan oleh organisme hidup lain.

Cara penularan:
– Dari air: ini adalah sumber utama dari infeksi Giardia. Parasit yang ditemukan di danau, kolam, dan sungai di seluruh dunia, serta pasokan air kota, sumur, waduk, kolam renang, taman air dan spa.
– Dari makanan: parasit Giardia dapat ditularkan melalui makanan. Karena memasak makanan membunuh giardia, makanan tidak terlalu berbahaya dibandingkan infeksi dari air.
– Melalui kontak langsung: Anda bisa mendapatkan giardiasis jika tangan terkontaminasi dengan kotoran, orang tua yang mengganti popok anak sangat beresiko. Parasit giardia juga bisa menular melalui hubungan badan (dari anal).
– Konta Orang-ke-orang: Infeksi dapat disebabkan karena kebersihan yang buruk dan paling sering terjadi di pusat-pusat penitipan anak.

Cara mencegahan Giardia:
– Cuci tangan: Ini adalah cara yang paling sederhana dan cara terbaik untuk mencegah sebagian besar jenis infeksi.
– Cuci tangan setelah menggunakan toilet atau mengganti popok dan sebelum makan atau menyiapkan makanan. Menggosok tangan dengan cepat dengan sabun dan air hangat selama minimal 15 detik.
– Rebus air sebelum diminum atau menggunakan filter air.

Baca Juga :

Leave a comment