Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia Khusus Hewan Ditemukan

Ilustrasi (foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Rusia telah mendaftarkan vaksin Covid-19 pertama di dunia yang diciptakan khusus untuk hewan.

Rosselkhoznadzor, Regulator Pertanian di Rusia menyebut, dari hasil penelitian, vaksin yang diberi nama Carnivac-Cov itu mampu menghasilkan antibodi terhadap Covid-19 pada anjing, kucing, rubah, dan cerpelai.

Mereka menyebut, vaksin yang akan mulai diproduksi pada bulan April itu sudah dipesan oleh peternakan di Yunani, Polandia dan Austria.

Wakil kepala Rosselkhoznadzor Konstantin Savenkov mengatakan, uji klinis vaksin Carnivac-Cov dimulai pada Oktober tahun lalu dengan melibatkan anjing, kucing, rubah Arktik, cerpelai, rubah, dan hewan lainnya.

“Hasil uji coba memungkinkan kami untuk menyimpulkan bahwa vaksin itu aman dan sangat imunogenik karena semua hewan yang divaksinasi mengembangkan antibodi terhadap virus Corona,” kata Konstantin Savenkov dikutip dari NDTV, Rabu (31/3/2021).

Sekadar informasi, Rusia saat ini sudah memiliki tiga vaksin virus corona untuk manusia, yang paling terkenal adalah Sputnik V. Selain itu, persetujuan darurat juga diberikan kepada dua jenis vaksin lain yakni EpiVacCorona dan CoviVac.(ryan)