Cara Mudah Memperkuat Mental Anak

Reporter : | 13 Okt, 2016 - 4:42 pm WITA

Mental Anak, kesehatan mental, parenting

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Orang tua saat ini terus mempertajam teknik pengasuhan anak, karena mereka tahu penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak-anak; lingkungan yang mendukung dan mendidik anak. Berikut beberapa tips yang dapat memperkuat mental anak tersayang Anda:

1. Memperlakukan anak sebagai individu dan hargai hak mereka sendiri

Dengar dan menghargai pemikiran, emosi, dan tindakan, serta mendorong rasa ingin tahu yang melekat pada mereka. Langkah dasar pertama ini dapat jauh membantu anak-anak membuka dan berbagi pemikiran mereka.

2. Fokus membangun kecerdasan emosional

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa keberhasilan jangka berakar pada kemampuan kita untuk mengatur emosi. Bantu anak Anda untuk menjelaskan perasaan mereka mulai dari usia muda. Dorong mereka untuk membangun kosakata emosional dengan menjelaskan apa yang mereka rasakan.

3. Ketahui keadaan emosional mereka

Jika anak Anda marah, jangan katakan “berhentilah menangis.” Mencerminkan perasaan anak Anda memungkinkan mereka tahu bahwa OK untuk merasakan setiap emosi, dan Anda juga mendorong mereka untuk berbagi perasaan mereka dengan Anda. Jika orang tua menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat dari “emosi negatif”, anak-anak akan belajar cara-cara yang salah dalam mengatur emosi.

4. Habiskan waktu berkualitas dengan anak Anda

Dedikasikan beberapa waktu hanya untuk anak Anda, dan terlibat dalam kegiatan yang Anda berdua senangi. Tunjukan bahwa mereka penting dan dihargai. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri anak Anda.

5. Sadar akan kebutuhan emosional dan mental mereka

Sebagai orang tua, kita terus-menerus memenuhi kebutuhan fisik anak, tetapi melupakan kebutuhan emosional dan kesehatan mental mereka. Sama seperti membawa anak ke dokter jika mereka mengalami demam, juga penting untuk mengambil langkah-langkah agar emosional dan mental mereka tetap terjaga.

Sumber: Timesofindia.indiatimes.com

Baca Juga :

Leave a comment