Dikda Tomohon Seleksi Sistel Tingkat SMP

Reporter : | 19 Apr, 2016 - 5:21 pm WITA

Dikda Tomohon , Sistel SMP,  Marlyn Rumende SPd TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Kota Tomohon menggelar Seleksi Siswa Teladan (Sistel) bertempat di SMP Katolik Don Bosco. Kegiatan berlangsung selama dua hari dibuka Kepala Dinas Dikda Tomohon Drs Gerardus E Mogi Senin (18/4/2016) kemarin.

Kepala Bidang SMP Dinas Dikda Tomohon Marlyn Rumende SPd mengungkapkan, peserta Sistel berjumlah 43, datang dari 22 sekolah SMP yang ada di Kota Tomohon. Bentuk kegiatan ada tiga bagian yakni tes tertulis meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Ingrris, Matematika, IPA, IPS dan Pengetahuan Umum.

Kemudian, tes wawasan meliputi penggalian kemampuan wawasan, pengetahuan, tanggung jawab dan budi pekerti. Kegiatan ketiga adalah non Akademik meliputi keterampilan, kreatifitas, kepemimpinan dalam baris berbaris.

BACA JUGA:

Seleksi O2SN Tomohon Dibuka

Sumenge Minta Dharma Wanita Minahasa Tenggara Jaga Persatuan

4.982 Siswa SMP dan MTs di Minahasa Siap Ikut UN

Bupati Minsel Jabarkan Visi dan Misi di Musrembang Tingkat Provinsi

Pemkab Mitra Pecat Dua ASN dengan Tidak Hormat

Sertifikasi Guru Triwulan Pertama di Minahasa Kemungkinan Cair Mei

”Pelajar dituntut untuk menampilkan bakat, keterampilan/hasta karya yang diandalkan, pidato bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Puisi,” ujar Rumende.

Bobot penilaian terdiri dari akademis 40 persen, wawasan 30 persen, non akademik 20 persen serta administrasi 10 persen.

Dikda Tomohon Seleksi Sistel Tingkat SMP2Tujuan pelaksanaan tambah Rumende, untuk menjaring semua pelajar berprestasi, cerdas dan berbakat tingkat SMP, mempunyai kemampuan di bidang akademis dan non akademis serta memiliki wawasan berazaskan pendidikan karakter.

Sasaran adalah siswa SMP di Kota Tomohon baik negeri maupun swasta yang memiliki kriteria sesuai ketentuan.

”Tim juri dalam lomba berasal dari Pengawas SMP di Kota Tomohon dan tenaga ahli berkompeten dalam ilmu yang dilombakan,” jelas Rumende.

Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa mempunyai keberanian dalam menyikapi, mengutarakan pendapat yang jujur, bijak dan santun serta berbahasa yang baik. Kemudian menjadi duta sekolah untuk bersaing asewcara sportif, makin berkembangnya model pembinaan terhadap pelajar, terjaringnya pelajar berprestasi, mandiri dan berbakat di Kota Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment