Ini Rekomendasi Kementrian ESDM tentang Kesiagaan Aktivitas Gunung Lokon

Reporter : | 14 Agu, 2015 - 9:05 am WITA

  1. Masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati dan melakukan aktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan (Pusat Kegiatan)
  2. Dalam rangka kesiapan menghadapi ancaman bahaya letusan gunung lokon bagi penduduk yang bertempat tinggal di Kelurahan Kinilow I agar melengkapi diri dengan peralatan komunikasi dan alat-alat peringatan dini manual seperti pengeras suara, lonceng dan lain-lain.
  3. Mewaspadai terjadinya lahar pada sungai yang berhulu dari puncak gunung lokon – Jika terjadi hujan abu, masyarakt untuk diam di dalam rumah dan apabila berada di luar rumah disarankan menggunakan masker dan kacamata.
  4. Jika ancaman erupsi gunung lokon meluas, rekomendasi tersebut di atas akan ditinjau kembali.
  5. Masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti arahan pemerintah kota serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.
  6. Pusat Vulkanologi dan mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BNPB, BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan Satlak Penanggulangan Setempat dan memberikan informasi tentang gunung lokon.
  7. - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tomohon harap melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar siap siaga mengantisipasi jika terjadi erupsi gunung lokon secara tiba-tiba.
  8. Pemerintah Kota senantiasa berkordinasi dengan Pos Pengamanan Gunung Lokon (no.Telp (0431-351076) di Kelurahan Kakaskasen atau Badan Geologi Bandung. Hal-hal tersebut disampaikan Kementerian ESDM kepada Pemerintah Kota Tomohon melalui surat resmi. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment