Banyak Menonton TV, Anak Dapat Mengembangkan Perilaku Anti Sosial

Reporter : | 06 Jul, 2015 - 1:32 pm WITA

anak, parenting, keluarga, anti sosial

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anak berusia lima tahun yang menonton televisi selama tiga jam atau lebih selama sehari mempunyai sedikit kemungkinan untuk mengembangkan perilaku mencuri dan perilaku antisosial pada usia 7 tahun, sebuah studi menunjukkan.

Para peneliti juga menemukan bahwa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain komputer atau permainan elektronik tidak mempengaruhi perilaku anak-anak, menurut laporan yang diterbitkan secara online di Archives of Disease in Childhood.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dari sekitar 11.000 anak di Inggris yang lahir antara tahun 2000 dan 2002. Ketika anak berusia 5 dan 7 tahun, ibu mereka mengisi kuesioner yang dirancang untuk menilai seberapa baik anak, dan juga memberikan informasi tentang jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak saat berusia 5 menonton untuk menonton TV dan bermain komputer atau permainan elektronik lainnya.

Pada usia 5 tahun, hampir dua-pertiga dari anak-anak menonton TV antara satu sampai tiga jam sehari, 15 persen menonton TV selama lebih dari tiga jam sehari, dan kurang dari 2 persen tidak menonton TV. Hanya 3 persen dari anak-anak yang menghabiskan tiga jam atau lebih sehari untuk bermain komputer atau permainan elektronik lain ketika mereka berusia 5 tahun, penulis penelitian melaporkan dikutip dari webdm.com.

Setelah memperhitungkan faktor-faktor lain, seperti pola asuh dan dinamika keluarga , para peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara menonton TV selama tiga jam atau lebih sehari pada usia 5 tahun dan peningkatan “sangat kecil” risiko perilaku antisosial pada usia 7 tahun.

Tapi banyak menonton TV tidak dikaitkan dengan masalah emosional atau perhatian, para penulis mencatat.

Temuan ini – dan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa terlalu banyak di depan layar dapat memiliki efek yang merugikan pada kesehatan fisik anak-anak dan prestasi di sekolah – menyarankan orang tua untuk membatasi waktu TV pada anak-anak mereka, penulis studi Alison Parkes, dari Universitas Glasgow di Skotlandia menyarankan.

Studi ini menemukan hubungan antara menonton TV berlebihan pada usia 5 tahun dan peningkatan risiko kecil perilaku antisosial pada usia 7 tahun, tetapi tidak menemukan hubungan sebab-akibat.

Baca Juga :

Leave a comment