Apakah Anda Siap Mengadopsi Anak ??

Reporter : | 03 Jul, 2015 - 2:33 pm WITA

parenting, mengasuh anak

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anda berpikir untuk mengadopsi anak? Ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan untuk melakukan hal tersebut. Sebelum mengambil keputusan, anda mungkin perlu menanyakan tujuh pertanyaan ini kepada diri anda sendiri:

1. Mengapa anda ingin mengadopsi anak?

Ini adalah keputusan besar. Apa yang memotivasi anda untuk mengadopsi? “Alasan yang benar-benar baik untuk mengadopsi adalah karena anda benar-benar ingin menjadi orang tua dari anak yang akan anda adopsi,” kata dokter anak Sarah Springer, MD dikutip dari webdm.com.

2. Jika anda punya masalah kesuburan, apakah anda siap untuk move on?

Sebelum anda mengadopsi, anda mungkin ingin mengambil waktu untuk memproses emosi anda tentang apa yang telah anda lalu dalam percobaan untuk memiliki bayi.

Masalah kesuburan serta pengobatan, dapat meninggalkan anda perasaan yang berjalan bergitu dalam, kata psikolog David Brodzinsky, PhD. Beberapa orang mungkin perlu berduka karena masalah kesuburan sebelum mereka siap untuk mengadopsi, katanya. Konseling dapat membantu mempersiapkan anda untuk move on.

3. Apakah anda siap untuk bertanggungjawab?

Menjadi orangtua adalah komitmen seumur hidup. Jika anda tidak memiliki anak-anak sekarang, apakah anda siap untuk perubahan permanen yang terjadi saat anda menjadi orang tua?

Banyak anak-anak yang diadopsi berkembang dalam keluarga baru mereka. Tetapi beberapa perlu kerja extra keras. Apakah anda siap untuk kemungkinan itu?

4. Siapa yang anda ingin bawa ke dalam keluarga anda?

“Saya selalu menyarankan bahwa keluarga yang mempertimbangkan mengadopsi anak harus berpikir tentang tiga variabel,” kata Springer.

– Usia anak

– Latar belakang etnis anak

– Anak lokal atau internasional

Ini adalah pilihan pribadi; tidak ada jawaban yang benar atau salah.

5. Berapa lama anda bersedia menunggu?

Semua adopsi melibatkan dokumen, pemeriksaan latar belakang, dan menunggu, tetapi beberapa memakan waktu lebih lama dari yang lain.

Menurut survei dari majalah Adoptive Families, mengadopsi bayi di AS biasanya memakan waktu antara 3 sampai 24 bulan; mengadopsi anak yang lebih tua biasanya memakan waktu 2 sampai 12 bulan. Adopsi internasional dapat memakan waktu hingga 5 tahun, tergantung aturan negara.

6. Apakah anda siap secara finansial?

Pastikan estimasi awal bahwa anda mampu memenuhi semua biaya, seperti pemeriksaan latar belakang, biaya perjalanan (jika ada), dan biaya pasca penempatan; seharusnya tidak ada biaya tambahan atau tersembunyi.

Anda juga harus bertanya apakah ada biaya pengembalian. Biaya dapat bervariasi dan dapat mencakup biaya administrasi, biaya pekerja sosial, biaya ibu kandung, atau biaya pengacara.

“Jika anda ingin mengadopsi tapi keuangan untuk pribadi maupun internasional tidak mencukupi, pertimbangkan anak-anak dalam negeri yang lebih membutuhkan,” kata Brodzinsky.

7. Apakah anda memiliki dukungan?

Jika anda memiliki pasangan, yang kaliah berdua ingin mengadopsi? Jika anda sudah memiliki anak, apkakah mereka siap keluarga meraka bertambah? Apakah teman-teman dan keluarga besar menawarkan dukungan? Jika tidak, apakah anda dapat mengurus segala sesuatu tanpa dukungan mereka?

Jika setelah menjawab semua pertanyaan ini, anda masih merasa siap untuk mengadopsi, kemungkinan besar hal yang harus anda lakukan sebelumnya adalah mengambil langkah berikutnya dan menghubungi agen adopsi.

Baca Juga :

Leave a comment