Haruskah Bayi Menggunakan Empeng ??

Reporter : | 24 Jun, 2015 - 12:32 pm WITA

 Empeng , bayi, parenting

(foto: pixabay)

ManadoToday – Bila anda baru saja menjadi orang tua baru, setiap keputusan tampaknya menakutkan. Bahkan memilih apakah aman atau tidak untuk menggunakan dot / empeng. Apakah empeng hanya membuat kebiasaan buruk yang sulit untuk dihilangkan?

Belum tentu, kata para ahli perawatan bayi. “Empeng bagus untuk menenangkan bayi yang rewel dan membantu mereka tidur nyenyak,” kata Mayra Rosado, MD, seorang dokter anak di HealthCare Partners di Los Angeles dikutip dari webmd.com. Empeng bahkan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Bayi yang menggunakan empeng mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), sebuah penelitian menemukan.

Tapi sebelum anda lari ke toko dan membeli empeng, meninjau tips dibawah ini mungkin membantu.

Jika bayi anda baru belajar menyusui, lebih baik tunda dulu. “Memperkenalkan empeng terlalu dini dapat mengganggu aktivitas menyusui anak,” kata Rosado.” The American Academy of Pediatrics merekomendasikan anda menunggu sampai anda dan bayi anda tau menyusui, biasanya dalam 3 sampai 4 minggu pertama.

Mencoba beberapa tipe. “Beberapa bayi sering memilih-milih apa yang akan mereka gunakan,” kata Rosado. Empeng memiliki beberapa tipe, mulai dari silikon, lateks, atau gabungan keduanya. Empeng silikon lebih kuat, tidak bau, dan mudah dibersihkan, kata Rosado, sementara lateks lembut dan mempertahankan aroma (yang bayi anda mungkin suka) tetapi tidak kuat ketika dicuci berulang-ulang. Hindari empeng yang berisi cairan, karena berpotensi berbahaya.

Jangan memaksa bayi. Jika bayi tidak tertarik pada empeng, jangan khawatir – itu normal. “Beberapa bayi tidak menyukai empeng,” katanya.

Ketika mulai menyapih dari dot, lebih cepat lebih baik. “Saya sarankan menyapih dari dot sebelum 12 bulan,” katanya. Tetapi jika itu menjadi kebiasaan bagi balita anda, secara bertahap mempersingkat lamanya waktu anak anda menggunakan dot, mencari cara lain untuk menghiburnya (mungkin dengan selimut atau boneka binatang).

Baca Juga :

Leave a comment