6 Ribu Lebih Nakes di Manado Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19 Tahap Satu

dr. Ivan Sumenda Marthen

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota Manado lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan vaksinasi Covid-19 kepada sekira 6.497 tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di Kota Manado. Vaksinasi akan dimulai secara simbolis pada tanggal 15 Januari 2021 nanti.

“Seluruh tenaga kesehatan baik itu yang ada di rumah sakit dan klinik, mereka semua akan menjadi sasaran target vaksinasi tahap satu yang rencananya selesai pada bulan April 2021 nanti,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Ivan Marthen, Selasa (12/1/2021).

Sementara untuk vaksinasi tahap dua ditujukan bagi seluruh pejabat publik khususnya yang terlibat langsung dalam pelayanan masyarakat dengan target selesai pada Bulan April.

“Tahap tiga kita targetkan selesai Maret 2022 untuk kelompok masyarakat resiko tinggi terpapar Covid-19. Tahap empat juga sama kepada masyarakat tapi dengan pendekatan diduga pada kluster-kluster. Contohnya ada diduga ditemukan kluster di satu tempat jadi kita vaksinasi di sana,”jelasnya.

Ia berharap, vaksinasi ini akan menciptakan kelompok herd immunity atau sekelompok masyarakat yang sudah mengalami kekebalan apakah itu secara alami atau vaksinasi.

“Jadi secara vaksinasi itu disuntikan virus Covid yang sudah dilemahkan dengan cara kedokteran. Vaksin di suntik di tubuh kita untuk menimbulkan antibodi yang akan melawan virus ini. Nah, untuk secara alami itu orang yang sudah pernah terkena Covid-19 kemudian sembuh, namanya survivor,”kata dia.

dr. Ivan menambahkan, vaksinasi ini juga akan diberikan bagi mereka yang belum pernah terpapar.

“Kalau sudah terpapar atau sudah sembuh tidak akan divaksinasi. Saya minta masyarakat bersabar, pertama tenaga kesehatan dulu yang akan kita lindungi,”tukasnya.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.