HUT ke-398 Manado, Wali Kota Andrei Ingatkan Falsafah ‘Sitou Timou Tumou Tou’

HUT ke-398 Manado, Wali Kota Andrei Ingatkan Falsafah ‘Sitou Timou Tumou Tou’

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemkot Manado menggelar upacara peringatan HUT ke-398 Kota Manado di lapangan Sparta Tikala, Rabu (14/7/2021).

Upacara dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dengan peserta Wakil Wali Kota Richard Sualang, pimpinan TP-PKK, unsur Forkopimda, kepala perangkat daerah, camat dan lurah, sisanya mengikuti secara virtual.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wali Kota Andrei Angouw sementara Komandan Upacara Camat Mapanget Robert Dauhan.

Dalam amanatnya, Wali Kota Andrei Angouw kembali mengingatkan tentang falsafah dari Dr. Sam Ratulangi yang sangat melekat pada diri Kota Manado yakni ‘Sitou Timou Tumou Tou‘ yang bearti manusia hidup untuk memanusiakan orang lain.

Sitou Timou Tumou Tou, ini sangat mirip dengan falsafah bangsa kita yakin Pancasila. Pancasila kalau kita kompres jadi satu kata itu gotong royong. Dan itu juga ada di depan kantor wali kota yakni Patung Kegotongroyongan. Itulah Sitou Timou Tumou Tou, itulah Pancasila,”kata Wali Kota Andrei.

Ia berharap, HUT ke-398 Kota Manado dijadikan momen untuk mengingat falsafah Kota Manado dan bangsa Indonesia yakni gotong royong dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita harus gotong royong melawan pandemi ini dengan sama-sama melakukan vaksinasi. Kalau merasa sakit kita cepat lakukan tes, kalau positif kita ingatkan orang terdekat kita dan melakukan isolasi agar mereka tidak terjangkit. Inilah yang dinamakan Sitou Timou Tumou Tou,”tuturnya.

“Kita juga harus gotong royong membangun kota tercinta kita. Jangan buang sampah sembarangan karena itu bisa merugikan orang lain dengan menyebabkan banjir dan penyakit. Jadi, dikesempatan ini, saya mengajak mari kita recharge semangat kita, semangat gotong royong, semangat Sitou Timou Tumou Tou,”tukas Wali Kota Manado Andrei Angouw.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.