Bupati FDW Konsisten Perjuangkan Penanganan Bencana Alam ke Pemerintah Pusat

Bupati FDW Konsisten Perjuangkan Penanganan Bencana Alam ke Pemerintah Pusat

Sambangi Kementerian PUPR , ATR/BPN dan Kemenko PMK

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Berbagai terobosan terus dilakukan Bupati Franky Donny Wongkar (FDW) dalam memperjuangkan warga terdampak bencana alam abrasi pantai ke pemerintah pusat.

Setelah sebelumnya berhasil melobi bantuan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bupati FDW mendatangi Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI).

“Ya, bapak Bupati FDW, Rabu (22/6/2022) kemarin, melakukan kunjungan kerja di Kementerian PUPR dan Kementerian Agraria Tata Ruang BPN dalam rangka memperjuangkan penanggulangan pasca bencana alam abrasi pantai,” ujar Kepala Dinas Kominfo Roy Mandey SH.

Dalam kunjungan di sejumlah Kementerian itu, Bupati FDW didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Franky Mamangkey SIP dan Kepala Dinas PU Roy Mandey, memamparkan kondisi pasca bencana sekaligus menyerahkan proposal permohonan bantuan.

” Di Kementerian PUPR Direktorat Sumber Daya Air, Bupati diterima bapak Bob Lombogia selaku Direktur Sungai dan Pantai, dan membahas terkait bencana yang terjadi di Pantai Amurang,” terang Mandey.

“Sedangkan di Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Bupati FDW dan rombongan diterima oleh Direktur Rumah Khusus Ir Yusniewati MSc. Dalam pertemuan itu point penting yang dibahas perihal hunian tetap untuk para korban bencana, sekaligus juga diserahkan proposal permohonan rumah khusus bagi para korban bencana,” sambung Mandey.

Masih di hari yang sama, setelah melakukan kunker di Kementerian PUPR, Bupati kemudian melanjutkan kunjungan ke Direktorat jenderal Agraria dan Tata Ruang Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Kementerian ATR/BPN. Dimana dalam kunjungan itu Bupati FDW diterima oleh Ibu Direktur Andi Tenri Abeng SKM M.Kes.

Bupati FDW Konsisten Perjuangkan Penanganan Bencana Alam ke Pemerintah Pusat

“Selanjutnya Bupati FDW difasilitasi Gubernur Sulut Olly Dondokambey kemudian berkoordinasi dengan Ketua Komisi V DPR RI bapak Lasarus S.Sos M. Si dan Ketua Banggar DPR RI bapak M.H Said Abdullah. Hasil dari kordinasi tersbut, Kamis 30 Juni 2022 Ketua Komisi V DPR RI Bapak Lasarus S.Sos M.Si akan Berkunjung ke provinsi Sulawesi Utara dan kemungkinan akan berkunjung ke kabupaten Minsel Meninjau korban pasca bencana,” terang Mandey.

Perjuangan Bupati melobi bantuan ke pemerintah pusat dalam upaya penanganan pasca bencana, kemudian berlanjut di Kemenko PMK RI, Kamis (23/6/2022). Dimana dalam kunker tersebut Bupati FDW dan rombongan diterima Asisten Deputi penanganan pasca bencana Bapak Nelwan Harahap sekaligus menyerahkan proposal permohonan bantuan bagi para korban bencana.

“Hasil kunjungan di Kemeno sebagaimana disampaikan Asisten Deputi penanganan pasca bencana bapak Nelwan Harahap, bahwa pihaknya akan menindaklanjuti apa yang telah disampaikan dengan menunggu hasil kajian dari Badan Geologi yang rencananya akan turun langsung di lokasi bencana, Senin 27 Juni 2022. Tim akan melakukan kajian tentang lokasi terdampak dan lahan rencana relokasi untuk dijadikan dasar penanganan bencana oleh semua pihak,” tukas Mandey. (*/lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.