Sinergikan Pengelolaan Keuangan, Pemkot Tomohon Gelar Rakorev

Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak saat membuka Rakorev
Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak saat membuka Rakorev

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Mensinergikan pemerintahan dan pembangunan khususnya pengelolaan keuangan, Selasa (22/3/2017) bertempat di Lantai 3 Kantor Wali Kota Tomohon digelar Rapat vKoordinasi dan Evaluasi (Rakorev).

Wali kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan mengatakan, perwujudan strategi dan arah kebijakan Pemerintah Kota Tomohon yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon 2016-2021 yaitu meningkatkan efektivitas dan efesiensi pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Ada lima arah kebijakannya, yaitu meningkatkan kualitas kebijakan pengembanan pendapatan daerah, melaksanakan intensifikasi pendapatan asli daerah, mengoptimalkan pemanfaatan aset daerah, melaksanakan perencanaan penganggaran belanja berbasis kinerja, serta melaksanakan pengendalian belanja sesuai dengan dokumen anggaran.

‘’Ini berkaitan dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon. Sehubungan dengan itu, dalam rangka perwujudan akan arah kebijakan pemerintah Kota Tomohon tersebut maka dalam pelaksanaannya yang merupakan kunci adalah adanya koordinasi dari seluruh perangkat  daerah,” tegas Eman.

Ditambahkannya, setelah pencapaian tiga kali berturut-turut penghargaan opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah, Eman berharap bisa mempertahankan penghargaan tersebut, apalagi tahun ini Kota Tomohon mendapat kepercayaan dari pihak auditor karena proses pemeriksaan dari perangkat daerah memberikan data secara elektronik sehingga berjalan dengan mudah.
‘’Kepada unsur perangkat daerah, agar kita kooperatif dengan pihak auditor BPK dalam rangka tahapan audit ini,’’ tutup Eman.

Sementara Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Kwinhatmaka SE MM mengatakan, pihaknya siap mendukung sekaligus mendorong kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan membangun sinergitas yang berkaitan dengan pemeriksaan laporan keuangan.

Peserta Rakorev Keuangan Pemkot Tomohon
Peserta Rakorev Keuangan Pemkot Tomohon

Ditegaskannya, untuk mencapai atau mempertahankan opini WTP yang sebelumnya telah diraih, pihak pemerintah daerah harus menyelenggarakan pemerintahannya secara akuntabel.

“Penyelenggaraan pengelolaan keuangan harus dilaksanakan sebaik-baiknya, agar raihan hasil pemeriksaan prestasinya bisa dipertahankan melalui pelaksanaan pemerintahan yang baik,” kata Kwinhatmaka.

Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus Mogi menjelaskan, dalam rangka peningkatan kinerja instansi pemerintah Kota Tomohon, harus koordinasi  antar perangkat daerah harus ditingkatkan terutama dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efesien pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah. (ark)