Pemkot Tomohon-UKSW Terus Tingkatkan Kemitraan di Bidang Kesehatan

Sosialisasi Hasil-hasil Penelitian Gout Arthritis dan Penyakit Tidak menular Lainnya oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKSW
Sosialisasi Hasil-hasil Penelitian Gout Arthritis dan Penyakit Tidak menular Lainnya oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKSW

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dengan universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga terus meningkatkan kemitraan di bidang kesehatan.

Senin (2/12/2019), bertempat di Aula AAB Matani Dua Tomohon Tengah, dilaksanakan Sosialisasi Hasil-hasil Penelitian Gout Arthritis dan Penyakit Tidak menular Lainnya oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKSW.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman S Ak CA melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MKes MSi  mengungkapkan, kegiatan ini untuk mendorong agar masyarakat hidup sehat.

‘’Ada instruksi khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang untuk meningkatkan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah, mendorong sekolah sebagai kawasan tanpa rokok dan mendorong sekolah ramah anak, meningkatkan kegiatan aktivitas fisik dan olahraga di sekolah dan satuan pendidikan secara eksternal dan ekstrakurikuler serta penyediaan sarana sanitasi sekolah serta meningkatkan pendidikan keluarga untuk hidup sehat,’’ jelas Karwur.

Menurutnya, kemitraan ini merupakan wujud tanggung jawab dinas pendidikan dan kebudayaan dalam mengedukasi masyarakat dan jajaran satuan pendidikan untuk menaruh perhatian penting dalam pola hidup sehat.

Kegiatan sosialisasi iutu sendiri dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh yang dalam sambutannya mengatakan, gerakan masyarakat hidup sehat merupakan gerakan nasional yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

‘’Untuk menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran sektor pendidikan dalam mengedukasi masyarakat juga menjadi hal yang sangat penting guna mengkampanyekan pola hidup sehat bagi masyarakat,’’ ujarnya.

Peserta sosialisasi, jajaran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur SKPD, unsur Kepala Sekolah SMP serta jajaran Dinas Kesehatan.

Narasumber dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. (ark)

 

Add Comment