Pemkot Tomohon Gelar Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP

MANADO, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Senin (14/10/2019) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di Hotel Four Points Manado.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA membuka Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA membuka Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP

Kegiatan yang berlangsung 13-17 Oktober dibuka Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak CA. Dalam sambutannya, wali kota mengatakan, Inspektorat sebagai APIP berperan sebagai Quality Assurance yaitu menjamin bahwa suatu kegiatan dapat berjalan secara efisien, efektif dan sesuai dengan aturannya dalam mencapai tujuan organisasi.

”Titik berat tugas pengawasan adalah melakukan tindakan preventif yaitu mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan program dan kegiatan oleh perangkat daerah serta memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah terjadi untuk dijadikan pelajaran, agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak terulang di masa yang akan datang,” kata Eman.

Pemkot Tomohon sendiri telah enam kali secara berturut-turut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualiann (WTP) tentang pengelolaan keuangan.

Itu merupakan bukti keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai APIP yang profesional.

Narasumber Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Muhammad Rivai Seknun SSTP, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh Inspektur Kota Tomohon Max Mentu SIP MAP. (ark)