Eman: Pol PP, Linmas dan Damkar Harus Miliki Pola Sikap dan Pola Tindak

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bertindak sebagai Inspektur Upacara
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bertindak sebagai Inspektur Upacara

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan, Satuan Polisi pamong Praja (Satpol PP), Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Pemadam Kebakaran (Damkar), harus memiliki pola sikap dan pola tindak yakni humanis, berdedikasi, disiplin dan tegas.

Hal itu dikatakan wali kota saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Satpol PP, HUT ke56 Linmas dan HUT ke-99 Damkar bertempat di Lapangan Kantor Walikota Tomohon Senin (23/4/2018).
Menurutnya, keberadaan Satpol PP, Linmas dan Damkar merupakan potensi sumber daya aparatur yang sangat penting dalam pemerintahan daerah.

Penyerahan santunan kematian anggota Linmas
Penyerahan santunan kematian anggota Linmas

Pada era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi serta dapat membandingkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah.

‘’Apabila layanan yang diberikan tidak maksimal, maka secara real time dapat terpublikasi lewat media online. Satpol PP rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik, karena kinerjanya yang harus berhubungan langsung dengan masyarakat sehingga tidak akan mungkin wibawa pemerintah akan terbangun apabila aparatur penegak regulasinya tidak berkompeten,’’ ujar wali kota.
Untuk dapat memenuhi harapan masyarakat maka perlu adanya pola sikap dan pola tindak yang harus dimiliki oleh Pol PP, Linmas dan Damkar yaitu humanis, berdedikasi, disiplin dan tegas.

Kegiatan dirangkaikan dengan pemberian santunan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan pemberian hadiah pemenang lomba PBB Linmas se-Kota Tomohon masing-masing, Juara 1 Kelurahan Tara-Tara Tiga, Juara 2 Kelurahan Woloan Satu dan Juara 3 Kelurahan Kolongan serta Danton terbaik Yulin Mogi.

Anggota Linmas Kota Tomohon
Anggota Linmas Kota Tomohon

Hadir Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sulawesi Utara Evans Liow SSos MM, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Minahasa Widhi Astri Aprilia Nia, Kepala Satpol PP Manado Xaverius Runtuwene SIP, Kasat Pol PP Tomohon AKBP Nikolas Pangemanan bersama seluruh jajaran, Kepala Satpol PP Minahasa Selatan Novrit Sulangi, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, Mewakili Kajari Tomohon Windhu Sugiarto SH MH. (ark)