Pemkot Tomohon Gelar Musrenbang RPJMD 2016-2021

Reporter : | 13 Jul, 2016 - 8:58 pm WITA

Penandatanganan berita acara kesepakatan Musrenbang RPJMD Kota Tomohon tahun 2016-2021

Penandatanganan berita acara kesepakatan Musrenbang RPJMD Kota Tomohon tahun 2016-2021

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rabu (13/7/2016) bertempat di Aula Taman Asri Edelweis Kolongan Satu Tomohon Tengah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan mengatakan, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah secara substansi menegaskan bahwa perencanaan pembangunan baik dalam skala lokal, regional maupun nasional dan dokumen lainnya menjadi kata kunci untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan.

Demikian juga Kota Tomohon, keberhasilan pembangunannya sangat tergantung pada tepat dan berkualitasnya perencanaan yang disusun dalam bentuk dokumen RPJMD yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan teknis operasional dalam menentukan arah kebijakan serta indikator program dan kegiatan setiap urusan atau fungsi pemerintahan.

‘’Sangat penting SKPD menyesuaikan secara eksplisit visi dan misi wali kota terpilih dalam RPJMD atau Renstra,’’ ungkap Eman.

Dijelaskannya, Pemilukada yang lalu telah menghasilkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon terpilih dan sebagaimana amanat UU, visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih akan dijadikan dasar penyusunan RPJMD.

‘’RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021 yang akan kita hasilkan ini merupakan kebijakan pembangunan tahap ke-3, secara spesifik diarahkan pada sasaran melanjutkan program-program pembangunan tahap ke-2 yakni tahun 2010-2015 dengan penekanan pada sasaran yang ingin dicapai di antaranya mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian serta mendorong sektor jasa, memantapkan pembangunan SDM yang berkepribadian,’’ tutup Eman.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan berita acara kesepakatan Musrenbang RPJMD Kota Tomohon tahun 2016-2021.

Wali Kota Tomohon JImmy F Eman SE Ak saat membuka Musrenbang RPJMD tahun 2016-2021

Wali Kota Tomohon JImmy F Eman SE Ak saat membuka Musrenbang RPJMD tahun 2016-2021

Hadir selaku nara sumber mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sulut Kasubid Analisa dan Evaluasi, Syalom Korompis SP MSc.

Hadir juga Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK, Dandim 1302 Minahasa yang diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf Masgen Abas, para anggota DPRD Kota Tomohon, jajaran Pemkot Tomohon, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment