Giliran Tomohon Selatan Jadi Lokasi Sosialisasi Jajanan Sehat

Sosialisasi Jajanan Sehat di SD Katolik Sarongsong
Sosialisasi Jajanan Sehat di SD Katolik Sarongsong

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Setelah Tomohon Timur yang dilaksanakan di SD Rurukan, Kamis (8/6/2016) giliran Kecamatan Tomohon Selatan yang menjadi lokasi  sosialisasi Jajanan Sehat bertempat di SD Katolik Sarongsong Kelurahan Tumatangtang.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Dr Arnold Poli SH MAP mengatakan, mengingat pentingnya pemenuhan kecukupan pangan, setiap daerah termasuk Kota Tomohon berkewajiban mendahulukan pembangunan ketahanan pangan sebagai landasan utama bagi pembangunan sektor lainnya.

‘’Pembangunan ketahan pangan ditujukan untuk menjamin ketersediaan dan konsumsi yang cukup, aman, bermutu, bergizi serta seimbang sampai di tingkat rumah tangga dan tersedia sepanjang waktu dan merata melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan budaya lokal, teknologi, inovatif dan memanfaatkan peluang pasar dalam upaya memperkuat ekonomi pedesaan dan mengentaskan kemiskinan,’’ ujar Poli.

Lebih lanjut dikatakannya,  ketahanan pangan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya yang aman, merata dan terjangkau.

“Pemenuhan kecukupan pangan bagi seluruh rakyat merupakan kewajiban baik secara moral, sosial maupun hukum termasuk hak asasi setiap rakyat Indonesia. Selain itu merupakan investasi pembentukan sumber daya manusia yang lebih baik di masa yang akan datang,’’ tukas Poli.

Sementara Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Tomohon Ir Vonny Pontoh mengatakan, sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para siswa dan guru sebagai penanggung jawab pendidikan di sekolah tentang penanganan keamanan pangan khususnya jajanan anak-anak di lingkungan sekolah. (ark)