Dinas Koperasi dan UMKM Tomohon Latih Pengusaha Kecil dan Menengah

Reporter : | 11 Mei, 2016 - 10:15 pm WITA

 

Wakil Wali Kota Tomohon saat membuka Pelatihan UMKM

Wakil Wali Kota Tomohon saat membuka Pelatihan UMKM

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Upaya meningkatkan keterampilan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam pengelolaan manajemen dan daya saing, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi UMKM yang ada di Kota Tomohon. Pelatihan dilaksanakan di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kelurahan Talete II Tomohon Tengah.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon Theodorus Paat SIP mengatakan, sasaran pelatihan ini diberikan kepada 30 orang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

‘’Pelatihan ini dilaksanakan agar mereka memiliki kemampuan dan wawasan yang luas serta semangat kewirausahaan sehingga menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang tangguh, handal dan mandiri,’’ jelas Paat.

Pelatihan tersebut lanjutnya, dilaksanakan selama tiga hari yakni 11-13 Mei 2016.

Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan yang membuka kegiatan ini sekaligus men yematkan tanda peserta mengatakan, berdasarkan amanat Ketetapan MPR-RI Nomor XVI/MPR-RI/1998 tentang Ekonomi Dalam Rangka Demokrasi Ekonomi, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu diberdayakan sebagai bagian integral ekonomi rakyat yang mempunyai kedudukan, peran dan potensi strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang makin seimbang, berkembang dan berkeadilan.

‘’Pemberdayaan UMKM perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal dan berkesinambungan melalui iklim yang kondusif dan pengembangan seluas-luasnya, sehingga mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan rakyat, penciptaan lapangan kerja serta pengentasan kemiskinan,’’ kata Sompotan.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 20 Tahun 2008 pasal 19 bahwa pengembangan dalam bidang sumber daya manusia meliputi pemberdayaan kewirausahaan bagi UMKM, meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial.

Membentuk dan mengembangkan lembaga Diklat, penyuluhan, memotivasi kreativitas biisnis dan penciptaan wirausaha baru, meningkatkan kemampuan disain dan teknologi, kerjasama bidang ahli teknologi, peningkatan kemampuan usaha,penelitian, disain dan teknologi baru serta memberi insentif kepada UMKM yang mengembangkan teknologi dan melestarikan lingkungan hidup.

Pemateri Kepala Balai Latihan Koperasi Provinsi Sulawesi Utara Victory A I Palar MSi dan Manajer Cool Supermarket Jumawan dengan materi-materi yakni Kebijakan Pengembangan UMKM, Organisasi dan Manajemen Usaha, Keuangan, Pemasaran dan Cara menyusun Studi Kelayakan Usaha. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment