Pemkot Tomohon Sosialisasi Retribusi Jasa Umum

Wali Kota menyerahkan kartu langganan persampahan
Wali Kota menyerahkan kartu langganan persampahan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Bidang Retribusi Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (PPKBMD) Selasa (3/5/2016) bertempat di Aula Megfra Kelurahan Matani II Tomohon Tengah menggelar Sosialisasi Retribusi Jasa Umum.

Kepala Dinas (Kadis) PPKBMD Kota Tomohon  Dr Juliana Dolvin Karwur MSi MKes dalam laporannya mengatakan, retribusi merupakan salah satu sumber dana sebagai penunjang pembangunan di daerah.

‘’Oleh karena itu dipandang perlu untuk melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan untuk memberi pemahaman dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang retribusi guna kelancaran pembangunan di daerah,’’ katanya.

Sementara Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan, pembangunan tidak dapat dipisahkan baik dengan pajak daerah maupun retribusi daerah.

Wakil wali Kota menyerahkan kartu langganan persampahan
Wakil wali Kota menyerahkan kartu langganan persampahan

‘’Karena masing-masing memiliki ketergantungan, saling menopang serta menjadi kunci bagi kemajuan daerah dalam upaya menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan bersama,’’ kata wali kota.

Retribusi jasa umum lanjutnya, adalah jasa yang disediakan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum serta dapat dinikmati oleh pribadi atau badan.

‘’Untuk melakukan pungutan retribusi jasa umum, pemerintah harus terlebih dahulu memberikan dan menyediakan sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan kepada orang pribadi atau badan,’’ tukasnya.

Selaku pemerintah, Eman mengharapkan SKPD dan pengusaha serta seluruh elemen masyarakat yang semuanya adalah pelaku jasa umum di Kota Tomohon agar lebih memahami dan mengerti kewajibannya untuk membayar retribusi jasa umum.

Dan, bagi dinas, badan, kantor, bagian yang ada di Kota Tomohon untuk menjadi pelopor dalam pembayaran retribusi jasa umum, serta dimintakan juga kepada para camat dan lurah agar terus menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya membayar retribusi jasa umum.

Kadis PPKBMD menyampaikan laporan kegiatan
Kadis PPKBMD menyampaikan laporan kegiatan

Selesai sambutannya Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan secara simbolis menyerahkan kartu langganan persampahan kepada para lurah perwakilan seluruh kecamatan di Kota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang, Asisten Bidang Administrasi Umum Ir Harold V Lolowang MSc, para kepala SKPD serta staf perwakilan tiap-tiap SKPD, para camat dan Lurah, dari unsur Perbankan dan pengusaha serta perwakilan masyarakat. (ark)