Wali Kota-Wawali Tomohon Sidak Produk Pangan dan Non Pangan

Wali kota dan wakil wali kota serta tim saat melakukan Sidak
Wali kota dan wakil wali kota serta tim saat melakukan Sidak

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Jelang Hari Raya Paskah, Kamis (24/3/2016) Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) produk makanan di sejumlah pusat perbelanjaan.

Saat melakukan Sidak, wali kota dan wakil wali kota terlihat begitu teliti dengan produk-produk makanan. Sebab, jika sudah kedaluwarsa tentunya akan merugikan konsumen yang sebagian besar warga Kota Tomohon.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon Ruddie A Lengkong SSTP yang mendampingi Wali Kota dalam Sidak tersebut mengatakan, barang dan jasa yang tidak sesuai persyaratan yang diberlakukan sesuai regulasi, dapat menimbulkan ancaman akan Keselamatan, Keamanan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup (K3L).

Wali kota dan wakil wali kota serta tim memeriksa kelayakan bahan yang dijual
Wali kota dan wakil wali kota serta tim memeriksa kelayakan bahan yang dijual

Untuk menghindari hal-hal tersebut dalam rangka penyelenggaraan perlindungan konsumen, diperlukan suatu kegiatan pengawasan barang beredar dan atau jasa yang optimal di Kota Tomohon.

‘’Untuk melindungi konsumen atau masyarakat terhadap banyaknya produk barang dan atau jasa yang beredar di pasar baik produk impor maupun produk local, pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam bentuk regulasi untuk memproteksi konsumen terhadap barang-barang atau produk yang tidak memenuhi standar atau tidak memenuhi unsur keamanan, kesehatan, keselamatan dan lingkungan,’’ ujar Lengkong.

Wali kota Tomohon dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan pengawasan ini adalah untuk melakukan pengawasan produk pangan dan non pangan di Kota Tomohon dan memberikan kepastian mutu dan jaminan atas produk yang digunakan sehingga tercipta perlindungan keamanan, keselamatan, kesehatan dan lingkungan bagi masyarakat di Kota Tomohon serta terwujudnya pelaksanaan kegiatan pengawasan secara efektif dan efisien diseluruh wilayah kerja Pemerintah Kota Tomohon.

‘’Tentunya ini juga menjadi tugas kami pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap produk makanan yang dijual,’’ kata Wali Kota Eman.

Turut dalam Sidak tersebut Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK serta instansi terkait. (ark)